Kearifan Lokal Petani Tradisional Samin di Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora

Dwiyana Anela Kurniasari, Edi Dwi Cahyono, Yayuk Yuliati
  Habitat,,  pp.33-37  

Abstract


Masyarakat adat di Indonesia sebagian besar tinggal di daerah pedesaan, sehingga pekerjaan utama mereka adalah petani. Masyarakat adat melakukan usahatani secara tradisional sesuai dengan ketentuan adat dan menggunakan teknologi sederhana dalam usahatani sehingga mereka dapat disebut petani tradisional. Salah satu masyarakat adat di Indonesia yang masih melakukan usaha tani dengan cara tradisional adalah Masyarakat Adat Samin. Lokasi petani tradisional Samin berada di Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora. Petani tradisional Samin dalam melakukan kegiatan usahatani masih sesuai dengan adat ajaran Samin. Petani tradisional Samin masih menjalankan tata cara adat dalam bidang pertanian yang diwariskan oleh leluhurnya secara turun temurun hingga sekarang. Menjadi petani merupakan pekerjaan mulia bagi mereka, sehingga mereka melakukan upacara-upacara dan ritual adat untuk bersyukur dengan pekerjaan mereka. Kearifan lokal pertanian yang masih dijalani hingga sekarang oleh petani tradisional Samin adalah tidak menjual seluruh hasil panennya, tidak menjual lahan pertanian mereka kepada orang luar masyarakat Adat Samin, melakukan upacara adat Jamasan dan upacara persembahan syukur kepada alam yaitu Kadeso.

Keywords


Agrarian problem

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, 2014. Statistik Lahan Pertanian. Jakarta: Kementerian Pertanian.

Dila, Ria Fara dan Arif Sudrajat. 2017. Ritual Keleman Dan Metik Bagi Petani Desa Wonokasian, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo. Paradigm, 5(3), 1-9.

Denura, Farida. 2017. Di Indonesia Ada 1.340 Suku Bangsa dan 300 Kelompok Etnik. Diambil dari http:// www. netralnews.com/news/rsn/read/71459/di.indonesia.ada.1340.suku.bangsa.dan.300.kelompok.etnik. (10 Desember 2017).

Hariadi, Sunarru Syamsi. 2016. Memahami Kearifan Lokal Petani Tradisional "Samin" dan Petani Modern (p. 36). Yogyakarta: Pintal.

Langerodi, M.C. 2013. Famers’ Empowerment Indicators Modeling In Mazandaran Province, Iran. Internasional Journal Agricultural And Crop Sciences, 5(7). 769-776.

Retnaningtyas, Agustina 2010. Kajian Nilai-Nilai Tradisional Petani Komunitas Adat Blangkon Kaitannya Dengan Usaha Tani Sawah (Studi Kasus Di Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas). Tesis Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Widodo, Slamet. 2009. Proses Transformasi Pertanian Dan Perubahan Sosial Pada Masyarakat Samin Di Bojonegoro. Embryo, 6(1), 57-66.

Yuliati, Yayuk dan Mangku Purnomo 2003. Sosiologi Pedesaan. Jakarta: Laperta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
HABITAT Indexed by :