ANALISIS EFISIENSI TEKNIS DENGAN PENDEKATAN FRONTIER PADA USAHA PEMBUATAN CHIPS MOCAF (MODIFIED CASSAVA FLOUR)

Rosihan Asmara, Nuhfil Hanani, Niken Irawati
  Habitat,,  pp.51-59  

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingkat produksi usaha pembuatan chips ubi kayu, menganalisis efisiensi teknis penggunaan faktor-faktor produksi pada usaha pembuatan chips ubi kayu, dan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap efisiensi teknis pada usaha pembuatan chips ubi kayu. Faktor – faktor yang berpengaruh terhadap produksi frontier dan tingkat efisiensi yang dicapai pada masing – masing unit usaha dapat diketahui dengan melakukan analisis terhadap fungsi produksi frontier dengan menggunakan Frontier software 4.1 . Sedangkan untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap tingkat efisiensi yang dicapai digunakan regresi berganda. Hasil penelitian antara lain adalah faktor yang berpengaruh nyata terhadap produksi frontier dalam usaha pembuatan chips MOCAF adalah jumlah ubi kayu yang merupakan bahan baku utama dari chips. Sedangkan  tenaga kerja dan volume bak perendaman dalam analisis ini tidak tampak pengaruhnya. Efisiensi teknis dari usaha pembuatan chips ini sudah cukup tinggi, 60% dari responden sudah berada pada tingkat efisiensi teknis lebih dari  0,92. Faktor yang berpengaruh nyata pada efisiensi teknis adalah tingkat pendidikan, kepemilikan dan lamanya usaha berdiri. Sedangkan umur tidak tampak pengaruhnya dalam analisis ini.

Kata kunci: efisiensi, frontier, MOCAF


Keywords


efisiensi, frontier, MOCAF

Full Text:

PDF

References


Coelli, Tim et al .1998. An Introduction to Efficiency and Productivity Analysis. Kluwer Academic Publishers. London.

Efani, Anthoni. 2010. Fungsi Produksi Stochastic Frontier dan Efisiensi Teknis Usaha Penangkapan Tuna. Disertasi. Disertasi tidak dipublikasikan

Hadad, Muliaman D, Santoso, Wimboh, Mardanugraha, Eugenia dan Ilyas, Daniel. 2003. Pendekatan Parametrik Untuk Efisiensi Perbankan Indonesia. Universitas Indonesia.

Kodde, DA.,Palm, FC.1986. Wald Criteria For Jointly Testing Equality And Inequality Restriction. The Econometric Society.Vol 54. No 5:1243 – 1248

Media Data Riset. 2010. Kondisi Industri Tepung Terigu Nasional Di Tengah Serbuan Produk Impor, 2010. Available online with update at http://www.mediadata.co.id. (Verified at 23 Oktober 2010).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
HABITAT Indexed by :