Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Nilai Tukar Petani Tanaman Pangan di Kabupaten Jombang

Arlia Renaswari Nirmala, Nuhfil Hanani, Abdul Wahib Muhaimin
  Habitat,,  pp.66-71  

Abstract


Nilai Tukar Petani (NTP) merupakan salah satu ukuran dalam penentuan kesejahteraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan posisi NTP Padi dan Nilai Tukar Petani komoditas pangan lain di Indonesia, mengetahui penghitungan NTP Padi dan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap NTP Padi. Penelitian dilakukan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Metode analisis yang digunakan yaitu ratio harga laspeyres antara harga yang diterima terhadap yang dibayar petani. Untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap NTP menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tukar petani dari tahun dasar mengalami kenaikan dan penurunan pada tahun berikutnya. Pada Tahun 2015 nilai tukar petani berada pada kondisi yang cukup sejahtera.


Keywords


NTP; kesejahteraan; pangan; regresi

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2006. Kabupaten Jombang Dalam Angka. Jombang.

----------------. 2011. Statistik Nilai Tukar Petani Kabupaten Jombang. BPS. Jombang.

----------------. 2012. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jakarta.

------------------. 2015. Kabupaten Jombang Dalam Angka. Jombang.

BPPD. 2012. Penyusunan Nilai Tukar Petani Kabupaten Jombang. Bappeda Jombang. Jombang.

Burhansyah.2011. Nilai Tukar Petani dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Disentra Produksi Jagung Kalimantan Barat. Jurnal Pembangunan Manusia Vol. 5 No.1 Tahun 2011.

Hendayana, R. 2001. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Tukar Petani. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor.

Parabawati.Posisi Nilai Tukar Petani Padi dengan nilai Tukar Petani Komoditas Pangan.JPAL, Vol.1, No.2, Feb 2011.

Rachmat, Muchjidin. 2000. Analisa Nilai Tukar Petani Indonesia. Disertasi. Institut Pertanian Bogor.

Rachmat, et. al. 2000 .Perumusan Kebijaksanaan Nilai Tukar Petani dan Komoditas Pertanian. Laporan Hasil Penelitian. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Depertemen Pertanian. Bogor.

Ruauw. 2010. Nilai Tukar Petani Sebagai Indikator Kesejateraan Petani. Universitas Samratulangi, Manado. ASE – Volume 6 Nomor 2, Mei 2010:1-8.

Simatupang dan Maulana. 2008. Kaji Ulang Konsep dan Pengembangan Nilai Tukar Petani 2003-2006. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan. LIPI.

Simatupang, P. dan B. Isdijoso. 1992. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Nilai Tukar Sektor Pertanian. Landasan Teoritis dan Biukti Empiris. Ekonomi dan Keuangan Indonesi 40 (1).

Simatupang, P. 1992. Pertumbuhan Ekonomi dan Nilai Tukar Barter Sektor Pertanian. Jurnal Agroekonomi. 11(1):37-50.

Sumodiningrat, 2001. Kepemimpinan dan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat. Pidato Pengukuhan Guru Besar pada Fakuts Ekonomi Universitas Gadjah Mada.

Tambuan. 2003. Perkembangan Sektor Pertanian di Indonesia (bebrapa isu penting). Ghalla. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
HABITAT Indexed by :