ANALISIS VOLATILITAS, TRANSMISI HARGA DAN VOLATILITAS SPILLOVER BAWANG MERAH (Allium ascolanium L) DI JAWA TIMUR

Authors

  • Vi'in Ayu Pertiwi
  • Ratya Anindita
  • Rini Dwiastuti


Abstract

Fluktuasi harga bawang merah yang tidak stabil dan unpredictable karena terjadinya shock pada demand dan supply menyebabkan volatilitas harga. Harga yang berfluktuasi tinggi dan unpredictable berkaitan erat dengan pasar produsen dan konsumen karena harga terbentuk dari demand dan supply. Harga yang unpredictable juga diduga memberi peluang kepada pedagang untuk memanipulasi informasi harga di tingkat petani sehingga harga belum ditransmisikan secara sempurna dari pasar konsumen kepada petani. Terkait dengan volatilitas dan transmisi harga bawang merah di tingkat produsen dan konsumen maka dilakukan juga analisis volatilitas spillover. Metode yang digunakan yaitu ARCH/GARCH, VAR dan GARCH-BEKK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volatilitas harga yang terjadi di tingkat produsen dan konsumen adalah low volatility tetapi volatilitas di tingkat produsen lebih rendah daripada di tingkat konsumen. Hasil juga menunjukkan terdapat transmisi harga dan volatilitas spillover pada harga produsen dan konsumen.

Kata kunci: Volatilitas, transmisi harga, volatilitas spillover

 

References

Badan Pusat Statistik. 2009. Laporan Hasil Survei Pola Distribusi Perdagangan 2009. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian. 2006. Road Map Pasca Panen, Pengolahan Dan Pemasaran Hasil Bawang Merah.http://pphp.deptan.go.id/ xplore/files/PROFIL-ORGANISASI/RENCANA- STRATEGIS /LAMPIRANROADMAP/Road%20%20map%20bawang%20%20merah.pdf. Diakses 29 Maret 2013.

Disperindag Jawa Timur. 2012. Harga Rata – Rata Beberapa Bahan Pokok Masyarakat Jawa Timur. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur. Surabaya.

Dwi, Anisa Utami. 2009. Risiko Produksi Dan Perilaku Penawaran Bawang Merah Di Kabupaten Brebes. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Gilbert and Morgan. 2011. Food Price Volatility. Workshop on Methods to Analyse Price Volatility. Spring Science and Bussiness Media, LLC, Eropa.

Hirshleifer, Jack dan Glazer, Amihai. 1984. Price Theory and Application 3rd Edition. Prentice-Hall Inc. New Jersey.

Lepetit dan Isabelle Piot. 2011. Price Volatility and Price Leadership in the EU Beef and Pork Meet Market. Workshop on Methods to Analyse Price Volatility. Institute for Prospective Technological Studies (IPTS), Join Research Center (JRC), European Comision. Spain.

Paskomnas. 2012. Stabilisasi Harga Cabe dan Bawang Merah. http://www.paskomnas.com/id/berita/Stabilisasi-harga-Cabe-Bawang-Merah.php. Diakses 29 Maret 2013

Rapsomanikis, George. 2011. Price Transmission and Volatility Spillovers in Food Markets. Journal for Safeguarding Food Security in Volatile Global Markets. Publishing by Food and Agriculture Organization of The United Nations. Rome.

Rezitis. Anthony. 2003. High Price Volatility and Spillover Effect in Energy. Selected Paper Prepared for Presentation at the Agricultural and Applied Economics Association’s 2011 AAEA dan NAREA. Pennsylvania.

Setrawati, Ninik. 2011. RI Belum Lepas dari Ketergantungan Impor BawangMerah. http://finance.detik.com/read /2011/01/21/104426/1551489/4/ri-belum-lepas-dari-ketergantungan-impor-bawang-merah. Diakses 29 Maret 2013

Uchyani F, Rhina dan Sugiharti. 2004. Respon Petani Bawang Merah Terhadap.Fluktuasi Harga Dan Iklim di Kabupaten Brebes.http://www.perhepi.org/images/stories/publikasi/buku_perhepi/rhina.pdf. Diakses 29 Maret 2013

Downloads

Published

2014-11-12

How to Cite

Pertiwi, V. A., Anindita, R., & Dwiastuti, R. (2014). ANALISIS VOLATILITAS, TRANSMISI HARGA DAN VOLATILITAS SPILLOVER BAWANG MERAH (Allium ascolanium L) DI JAWA TIMUR. HABITAT, 24(3), pp.204–213. Retrieved from https://habitat.ub.ac.id/index.php/habitat/article/view/128

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>