DAYA SAING KARET ALAM INDONESIA DI PASAR DUNIA

Authors

  • Satriyo Ihsan Radityo Pascasarjana Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya
  • Rini Dwiastuti Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya
  • Abdul Wahib Muhaimin Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya


Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat daya saing karet alam Indonesia di pasar dunia dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing karet alam Indonesia berdasarkan model pangsa pasar. Penelitian menggunakan data sekunder dari berbagai sumber data pada periode tahun 1991 hingga tahun 2011. Analisis data menggunakan pendekatan model pangsa pasar, revealed comparative advantage (RCA), trade specialization ratio (TSR).  Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing karet alam Indonesia di pasar dunia terdiri dari aspek domestik; produktivitas, luas areal panen, konsumsi domestik, dan aspek internasional; pangsa pasar negara pesaing. Analisis dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karet alam Indonesia memiliki daya saing dibandingkan negara lain dengan nilai pangsa pasar 32 persen, RCA 34.2, dan TSR 1.00 Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing karet alam Indonesia di pasar dunia berdasarkan model pangsa pasar menunjukkan bahwa faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi daya saing karet alam Indonesia adalah produktivitas, luas areal panen, pangsa pasar Thailand, pangsa pasar Malaysia, dan pangsa pasar Vietnam

 

Kata kunci: karet alam, market share, RCA, TSR, regresi berganda.

References

Anwar, Chairil. 2005. Perkembangan Pasar dan Prospek Agribisnis Karet di Indonesia. Pusat Penelitian Karet. Medan.

Arslan, N. Dan Tathdil, H. 2012. Defining And Measuring Competitiveness: A Comparative Analysis With 11 Potential Rivals. International Journal Of Basic & Applied Sciences IJBAS-IJENS, 12 (02).

Balassa, B. 1965. Trade Liberalization And Revealed Comparative Advantage. The Manchester School, 33: 99-123.

Djafar, Djainab. 2013. Analisis Pangsa Pasar Komoditi Kelapa Sawit, Karet, Kakao, dan Kopi Indonesia di Pasar Internasional. Universitas Brawijaya. Malang.

Daryanto, Arif. 2010. Posisi Daya Saing Indonesia dan Upaya Peningkatannya. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Hadi, Projogo dan Mardianto, Sudi. 2004. Analsis Komparasi Daya Saing Produk Ekspor Pertanian Antar Negara ASEAN Dalam Era Perdagangan Bebas AFTA. Jurnal Agro Ekonomi. Volume 22 no. 1 : 46-73.

Ferto, I. Hubbard, L.J. 2003, Revealed Comparative Advantage And Competitiveness In Hungarian Agri-Food Sectors. The World Economy Journal, 26(2): 247-259.

Food and Agriculture Organization (FAO). 2014. Production and Trade . Faostat.org. http://www.fao.org. Diakses tanggal 10 Juni 2014.

Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (GAPKINDO). 2009. Volume Ekspor Karet Alam Indonesia Berdasarkan Negara. www.gapkindo.or.id. Diakses tanggal 10 Juni 2014

Hanani, N. et al. 2012. Persaingan Ekspor Kopi Indonesia di Pasar International. Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia.

Kementerian Perdagangan. 2013. Indeks Spesialisasi Perdagangan. http://www.kemendag.go.id/addon/depdag_isp/. Diakses 10 November 2014

Tambunan, T. 2001. Perdagangan Internasional dan Neraca Pembayaran. PT Pustaka LP3ES. Jakarta.

Downloads

Published

2015-01-26

How to Cite

Radityo, S. I., Dwiastuti, R., & Muhaimin, A. W. (2015). DAYA SAING KARET ALAM INDONESIA DI PASAR DUNIA. HABITAT, 25(3), pp.143–150. Retrieved from https://habitat.ub.ac.id/index.php/habitat/article/view/157

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>