ANALISIS RANTAI PASOKAN AGROINDUSTRI EMPING JAGUNG (Studi Kasus pada Agroindustri Emping Jagung di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang)

Ratna Sari Dewantara, Budi Setiawan, Ratya Anindita
  Habitat,,  pp.141-152  

Abstract


Kelurahan Pandanwangi merupakan salah satu sentra agroindustri emping jagung dengan jumlah agroindustri terbanyak di Kota Malang. Namun seiring berjalannya waktu, jumlah agroindustri emping jagung mengalami penurunan. Hal ini diduga karena lemahnya koordinasi manajemen rantai pasokan pada agroindustri emping jagung mengenai pasokan bahan baku emping jagung. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi dan menganalisis rantai pasokan agroindustri emping jagung, 2) Menganalisis perbedaan pendapatan antara agroindustri emping jagung dengan proses produksi setengah jadi dan agroindustri emping jagung dengan proses produksi jadi, dan 3) Menganalisis kesesuaian kriteria keinginan konsumen terhadap emping jagung yang dihasilkan agroindustri emping jagung. Metode penentuan responden yang digunakan adalah sensus dan penelusuran lembaga-lembaga terkait yang dijadikan responden dilakukan dengan metode snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rantai pasokan agroindustri emping jagung terdiri dari beberapa pelaku yaitu petani, pemasok, agroindustri, pengecer, dan konsumen; selain itu, rantai pasokan agroindustri emping jagung belum berjalan dengan lancar. Rata-rata pendapatan dalam satu kali proses produksi pada agroindustri emping jagung dengan proses produksi jadi lebih tinggi yaitu Rp 1,693,609.00 dibandingkan dengan rata-rata pendapatan dalam satu kali proses produksi pada agroindustri emping jagung agroindustri emping jagung dengan proses produksi setengah jadi yaitu Rp 1,361,780.00, dan terjadi ketidaksesuaian kriteria keinginan konsumen terhadap emping jagung yang dihasilkan oleh agroindustri emping jagung.

Kata kunci: rantai pasokan, agroindustri, pendapatan, kriteria keinginan konsumen


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

BPS. 2013. Produksi Jagung Menurut Provinsi Tahun 2007-2011. Statistik Indonesia.

Budiman, Haryanto. 2012. Budidaya Jagung Organik. Pustaka Baru Putra. Yogyakarta.

Chopra, S. and P. Meindl. 2004. Suppy Chain Management (Strategy, Planning, and Operating). Second Edition. Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Indrajit, R. dan Djokopranoto, R. 2002. Konsep Manajemen Supply Chain: Cara Baru Memandang Mata Rantai Penyediaan Barang. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Singarimbun dan Effendi. 2006. Metode Penelitian Survei. LP3ES. Jakarta.

Tastra, I K. 2003. Strategi Penerapan Alsintan Pascapanen Tanaman Pangan di Jawa Timur dalam Memasuki AFTA 2003. Jurnal Litbang Pertanian Vol. 22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
HABITAT Indexed by :