Niat Individu Mengkonsumsi Sayur Organik di Kelurahan Sawojajar Kota Malang

Surya Delviola, Ratya Anindita, Rini Mutisari
  Habitat,,  pp.25-32  

Abstract


Tren baru di masyarakat dunia menjadikan masyarakat sadar akan gaya hidup sehat, sehingga mulai memperhatikan bahan pangan yang akan dikonsumsi. Sayur organik merupakan salah satu bahan pangan alami yang tidak terkontaminasi bahan kimia berbahaya, namun tindakan pembelian masyarakat Indonesia terhadap sayur organik masih rendah meskipun memiliki minat yang tinggi terhadap sayur organik, sehingga tidak mengikuti tren dunia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat individu dalam mengkonsumsi sayur organik dengan menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB). Niat individu dalam TPB dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku. Penelitian dilakukan pada ibu-ibu yang sedang melakukan kegiatan pembelian sayur organik di Toko Sayur dan Buah Dapur Ku, Kelurahan Sawojajar, Kota Malang dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM – PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku memberikan pengaruh yang signifikan terhadap niat individu dalam mengkonsumsi sayur organik dengan nilai p-value < 0,001. Nilai R-square pada penelitian ini adalah sebesar 51% berarti bahwa pengaruh variabel sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku terhadap niat pembelian sayur organik sebesar 51% sedangkan sisanya 49% dipengaruhi variabel lain di luar model.

Keywords


niat; sayur organik; Theory of Planned Behavior; Partial Least Square (PLS)

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Al-Swidi, A., Huque, S. M. R., Hafeez, M. H., & Shariff, M. N. M. (2014). The role of subjective norms in theory of planned behavior in the context of organic food consumption. British Food Journal, 116(10), 1561–1580.

Basha, M. B., Mason, C., Shamsudin, M. F., Hussain, H. I., & Salem, M. A. (2015). Consumers Attitude Towards Organic Food. Procedia Economics and Finance, 31(15), 444–452.

Bernardes, M. F. F., Pazin, M., Pereira, L. C., & Dorta, D. J. (2015). Impact of Pesticides on Environmental and Human Health. Toxicology Studies.

Chrysanthini, B., Sumarwan, U., & Rifin, A. (2017). Preferensi Konsumen terhadap Produk Sayuran Organik ( Studi Kasus Konsumen UD Fabela-Myfarm ) di Bogor Jawa Barat. Manajemen IKM IPB, 12(2), 151–160.

Eles, S. F., & Sihombing, S. O. (2016). Determinan Niat Beli Makanan Organik : Sikap Untuk Membeli Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, VI(3), 313–332.

Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & G. Kuppelwieser, V. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). European Business Review, 26(2), 106–121.

Junaedi, M. F. S. (2003). Analisis Faktor Demografi, Akses Media dan Sumber Informasi terhadap Kepedulian dan Kesadaran Lingkungan Konsumen: Kajian Pemasaran yang Berwawasan Sosial. Kinerja, 7(2), 96–111.

Kementerian Perdagangan. (2013). Analisis Dinamika Konsumsi Pangan Masyarakat Indonesia. Pusat Kebijakan Perdagangan Dalam Negeri, 1, 67.

Maichum, K., Parichatnon, S., & Peng, K.-C. (2016). Application of the Extended Theory of Planned Behavior Model to Investigate Purchase Intention of Green Products among Thai Consumers. Sustainability, 8(10), 1077.

Mayrowani, H. (2012). Pengembangan Pertanian Organik Di Indonesia The Development Of Organic Agriculture In Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 30(2), 91–108.

Reza, S., Devi, M., & Hartono, G. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Sayuran Organik Factors Affecting Consumers Decision in Buying Organic Vegetables. Agric, 27(12), 60–67.

Sumarwan, U., Noviandi, A., & Kirbrandoko. (2013). Analisis Proses Keputusan Pembelian, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Beras Organik di Jabotabek. Pangan, 22(2), 19–35.

Teng, C.-C., & Wang, Y.-M. (2015). Decisional factors driving organic food consumption. British Food Journal, 117(3), 1066–1081.

Wijaya, T. (2014). Nilai Dan Pengetahuan Sebagai Prediktor Intensi Beli Makanan Organik. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 16(1), 69–81.

Winter, C. K., & Davis, S. F. (2006). Organic foods. Journal of Food Science, 71(9), 117–124.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
HABITAT Indexed by :