PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PROGRAM COMMUNITY DEVELOPMENT (Kasus Produk Beras Organik “Lumpang Berlian” Agroindustri Sumber Makmur Desa Sumberngepoh, Lawang, Malang)

Authors

  • Vita Kurnia Utami
  • Budi Setiawan
  • Ratya Anindita

Abstract

Agroindustri Sumber Makmur merupakan sebuah industri yang menciptakan produk hijau yakni beras organik dan sereal beras organik “Lumpang Berlianâ€. Agroindustri tersebut merupakan salah satu upaya pemanfaatan sumberdaya potensial daerah khususnya di desa Sumberngepoh. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis 1) Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian baik secara parsial maupun secara simultan, 2) Pengaruh Green Product, Green Promotion dan Keputusan Pembelian terhadap program Community Development, 3) Pengaruh Green Marketing secara tidak langsung melalui Keputusan Pembelian terhadap program Community Development. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Variabel Green Marketing berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian yaitu sebesar 81.9% dan sub variabel yang tertinggi adalah Green Product, 2) Variabel Product, Promotion dan Keputusan Pembelian berpengaruh secara signifikan terhadap Community Developmentyaitu sebesar 37.0%. 3) Semua hubungan yang terjadi antara variabel Green Marketing secara tidak langsung melalui Keputusan Pembelian terhadap variabel Community Development memiliki hubungan yang signifikan.   Kata Kunci: Agroindustri Beras Organik, Green Marketing, Keputusan Pembelian, Program Community Development

References

Junaedi, S.M.F. 2005, “Pengaruh Kesadaran Lingkungan pada Niat Beli Produk Hijau: Studi Perilaku Konsumen Berwawasan Lingkungan,†Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 9, No. 2, hal. 189-201.

Manongko, A. A. 2011. Green Marketing & Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Membeli Produk Organik (Studi pada Pelanggan Produk Organik di Kota Manado). Malang: Pascasarjana Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Brawijaya. http://elibrary.ub.ac.id.pdf.

Riduwan, dan Kuncoro. 2007. “Analisis Jalur Path Analysis: Cara Menggunakan dan Memakaiâ€. Cetakan Kedua, Penerbit, Alfabeta.

Wibowo, Buddi, 2002, Green Consumerism dan Green Marketing: Perkembangan Perilaku Konsumen dan Pendekatan Pemasaran. Usahawan, No. 6 Th XXXI Juni, pp : 12-15.

Downloads

Published

2015-04-13

How to Cite

Utami, V. K., Setiawan, B., & Anindita, R. (2015). PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PROGRAM COMMUNITY DEVELOPMENT (Kasus Produk Beras Organik “Lumpang Berlian” Agroindustri Sumber Makmur Desa Sumberngepoh, Lawang, Malang). HABITAT, 25(1), pp.61–69. Retrieved from https://habitat.ub.ac.id/index.php/habitat/article/view/142

Issue

Section

Articles