Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan Pada Coldplay Juice Soji

Authors

  • Ita Purnama Sari Universitas Brawijaya
  • Ratya Anindita Fakultas Pertanian, Uniersitas Brawijaya
  • Putri Budi Setyowati Fakultas Pertanian, Uniersitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2018.029.2.7


Keywords:

4p, bauran pemasaran, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, coldplay juie SOJI, Partial Least Square (PLS)

Abstract

Produk minuman Coldplay Juice SOJI merupakan produk minuman yang baru dikalangan konsumen, permasalahan yang terjadi yakni tingkat bertahannya suatu produk baru yang hanya sebentar, dikarenakan kurangnya loyalitas konsumen terhadap suatu produk baru. Pemasaran terkait bauran pemasaran berdasarkan pada kesesuaian konsumen (produk, hraga, tempat dan promosi) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan berubah menjadi loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang pengaruh baurann pemasaran (produk, harga, tempat dan promosi) terhadap kepuasan pelanggan pada Coldplay Juice SOJI dan menganalisis kepuasan pelanggan berubah menjadi loyalitas pelanggan pada Clodplay Juice SOJI.  Penelitian menggunakan metode analisis Partial Least Square (PLS), Metode Partial Least Square (PLS) menghasilkan bahwa variabel produk, tempat dan promosi memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan dengan nilai p-value kurang dari 0.01, sedankan untuk variabel harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan yang ditunjukkan dengan nilai p-value lebih dari 0.05. R-square pada penelitian ini menunjukkan angka 0.67 pada (Y1) memiliki arti bahwa pengaruh variabel produk, harga, tempat dan promosi terhadap kepuasan pelanggan adalah 67% dan sisanya 23% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini. R-square pada (Y2) menunjukkan angka 0.57 yang artinya bahwa variabel produk, harga, tempat, promosi dan kepuasan pelanggan adalah 57% dan 43% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini.

References

Afrinda, S. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Managemen, Vol 2 , 2-18.

Bryan, S. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Fanta PT Coca-Cola Amatil Indonesia di Kota Semarang. Jurnal Managemen dan Bisnis Indonesia, 1-12.

Fajar. (2012). Analisis Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Managemen dan Bisnis Indonesia.

Hair. et.al. (1997). Multivariate Data Analysis With Reading (Edisi 4 ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Hasan, A. (2008). Marketing. Yogjakarta: Media Utama.

Husin. (2016). Data Gabungan Perusahaan Makanan dan Minuman. Jurnal Managemen.

Kotler Philip dan Gary Amstrong. (2004). Dasar-dasar Pemasaran edisi kesembilan. New Jersey: Prantice Hall.

Kotler, & Amstrong. (2007). Dasar-dasar Pemasaran. England: Alih Bahasa Alexander Ltd.

Kotler, P. (2002). Marketing Managemen. Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.

Kotler, P. d. (2006). Principal of Marketing. Pearson Prentice Hall: Pearson Education.

Kotler, P. d. (2008). Manaemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2004). Pemasaran Pengolaan. New Jersey: Perason Education, Inc.

Kotler, Philip. (2013). Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks hal 98.

Lovelock, W. (2011). Managemen Pemasaran. Jakarta: PT. INDEKS.

Lumintan, D. (2015). The Impact of Marketing Mix towards Customer Loyality Mediated by Customer Satisfaction of Blackberry Indonesia. iBuss Managemen, Vol. 3, 316-324.

Manapo, F. (2013, Desember 14). Kualitas Pelayanan, dan Servicecape Pengaruhnya Terhadap Kepuasan. Jurna IMBA , 1341-1348.

Putu, Y. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Produk. Jurnal Managemen dan Pelayanan Farmasi, 115-122.

Putu, Y. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Produk. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi, p-ISSN:2088-8139, 115-122.

Ramadhan. (2015). Analisis Loyalitas Konsumen terhadap Minuman Kopi di Kota Banda Aceh. Jurnal Managemen.

Schiffman. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. INDEKS.

Shiffman, & Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. INDEKS.

Singh, M. (2012). Marketing Mix of 4P'S for Competitive Advantage. IOSR Journal of Business and Management (IOSRJBM), 3, 40-45.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeth.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Binis. Bandung: Alfabeth.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (Edisi Kedua ed.). Malang: Penerbit Bayu Media Malang.

Vannesa, G. (2007). Customer Relationship Managemen and Marketing Public Relation. Bandung: Alfabeth.

Downloads

Published

2018-10-04

How to Cite

Sari, I. P., Anindita, R., & Setyowati, P. B. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan Pada Coldplay Juice Soji. HABITAT, 29(2), pp.57–64. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2018.029.2.7

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>