PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK ABON JAMUR TIRAM DI PERUSAHAAN AILANIFOOD KOTA MALANG JAWA TIMUR

Authors

  • Ahmad Bagus Sudrajad faculty of agriculture UB
  • Dwi Retno Andriani faculty of agriculture UB

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2015.026.2.9


Keywords:

Keputusan, pembelian, atribut produk

Abstract

Abon jamur adalah jenis makanan yang berbentuk serpihan dan kering,  terbuat dari jamur tiram yang telah dicampur dengan bumbu dan telah melalui proses penggorengan, abon jamur tersebut diproduksi oleh perusahaan Ailanifood di Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian abon jamur Ailani di kota Malang. Dengan menganalisis atribut-atribut produk yang berpengaruh signifikan dan dominan. Metode penentuan responden menggunakan accidental sampling. Alat analisis yang digunakan adalah uji Cochran Q dan Regresi Berganda. Pada uji t variabel yang berpengaruh signifikan yaitu kemasan, kualitas, dan harga, sementara variabel paling dominan terhadap Ailani jamur abon keputusan pembelian adalah atribut harga. Dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa seluruh atribut produk kecuali merk, seperti (kemasan, kualitas, dan harga) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk abon jamur ailani.

References

. Badan Pusat Statistik. 2014. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Berita Resmi Statistik No. 16/02/Th. XVII, 1 Desember 2014. Jakarta.

. Badan Pusat Statistik Kota Malang. 2012. Malang Dalam Angka 2011. Berita Resmi Statistik No. 35730.1101/2012. Malang.

. Hermianto, J. dan Andayani. 2002. Studi Perilaku Konsumen Dan Identifikasi Parameter Bakso Sapi Berdasarkan Preferensi Konsumen Di Wilayah Jakarta. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan. Vol.XIII. Hal 1-10.

. Isyanto, E. dan Herligiani. 2012. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry Pada Mahasiswa Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang. Jawa Barat.

. Khasanah, I. dan Pamujo, Novian Y. 2011. Analisis Pengaruh Atribut Produk, Bauran Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Merchandise. Jurnal. Vol 13 No 1. Hal 155-163.

. Maretta, S. dan Tarwiyah. 2013. Pengaruh produk dan kualitas pelayana terhadap kepuasan konsumen pada warung-warung kaki lima di jalan sei deli Medan. Jurnal. Vol 9 No1.

. Mustafid dan Gunawan, A. 2008. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kripik Pisang “Kenali†Pada PD Wira Perkaya Di Bandar Lampung. Jurnal. Vol 4 No 2.

. Rianse, U. dan Abdi. 2008. Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Alfabeta. Bandung.

. Saidani, B. dan Ramdhan, D.R. 2013. Pengaruh Iklan Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Seri Galaxy (Survei Pada Pelanggan ITC Roxy Mas). Universitas Negeri Jakarta. Vol. 4, No.1, 2013.

. Sarwono, J. dan Martadiredja, Tutty 2008, Riset Bisnis, Andi, Yogyakarta.

. Simamora, B. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Pt Garamedia Pustaka Utama.

. Simamora, B. 2004. Memenagkan pasar dengan pemasaran efektif dan profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

. Simamora dan Henry. 2004. Manajemen Pemasaran Internasional, Jilid 1. Jakarta : Salemba Empat.

. Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

. Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

. Tjptono, F. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

. Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Downloads

Published

2015-11-18

How to Cite

Sudrajad, A. B., & Andriani, D. R. (2015). PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK ABON JAMUR TIRAM DI PERUSAHAAN AILANIFOOD KOTA MALANG JAWA TIMUR. HABITAT, 26(2), pp.71–79. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2015.026.2.9

Issue

Section

Articles