ANALISIS FAKTOR-FAKTOR SOSIAL EKONOMI TERHADAP PEROLEHAN KUANTUM PEMETIK TEH (Studi Kasus Pada Pemetik Teh Perkebunan Teh Wonosari PT Perkebunan Nusantara XII (PERSERO))

Fadhila Firdha A, Dwi Retno Andriani
  Habitat,,  pp.118-134  

Abstract


Komoditas teh merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan yang dimiliki oleh Indonesia. Salah satu perkebunan teh milik negara adalah Perkebunan Teh Wonosari yang merupakan salah satu perkebunan teh yang berada di bawah manajemen PTPN XII. Manajemen produksi PTPN XII telah menetapkan target produksi bagi perkebunan teh Wonosari. Dengan adanya target produksi dari kantor pusat, perkebunan teh Wonosari berupaya untuk dapat memenuhi target tersebut salah satunya cara meningkatkan produktifitas dari sumber daya manusianya yaitu pemetik teh dengan memberikan target kuantum bagi setiap pemetik. Artikel ini menyajikan hasil penelitian mengenai perbedaan rata-rata dari setiap pemetik menurut faktor-faktor sosial ekonomi yang dianggap berhubungan dengan perolehan kuantum pemetik teh serta hubungan faktor-faktor sosial ekonomi terhadap perolehan kuantum pemetik teh. Alat analisis yang digunakan adalah analisa deskriptif, uji beda rata-rata serta uji korelasi. Berdasarkan penelitian ini dari uji beda rata-rata dapat diketahui bahwa variabel usia, pengalaman, tanggungan keluarga serta tingkat pendapatan istri atau suami berbeda secara nyata terhadap perolehan kuantum pemetik teh. Hasil yang sama ditunjukan oleh uji korelasi menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara faktor-faktor sosial ekonomi yaitu usia, pengalaman kerja, tanggungan keluarga, tingkat pendapatan istri atau suami terhadap perolehan kuantum pucuk teh. Hubungan paling kuat ditunjukan oleh variabel pengalaman dengan nilai koefisien korelasi 0,921.

 

Kata Kunci :  Pemetik teh Wonosari, produktifitas kerja, uji beda rata-rata, analisis korelasi


Full Text:

PDF

References


Irianto, A. 2003. Statistik Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Nugroho, B. 2005. Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Andi Offset .Yogyakarta.

PTPN XII. 2010. Data Tenaga Kerja Kebun Teh Wonosari.

PTPN XII. 2010. Data Target Produksi Kebun Teh Wonosari

Santosa, P. 2007. Statistika Deskriptif Dalam Bidang Ekonomi dan Niaga. Erlangga. Jakarta.

Setiawan, H. 2005. Analisis Status Pernikahan Terhadap Motivasi dan Produktifitas Kerja Karyawan Mc. Donals Surabaya. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Katolik Petra. Surabaya.

Sugiyono. 2008. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Widayanti, W. 2003. Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Produktifitas Kerja Pemetik Teh. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
HABITAT Indexed by :