ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS KERJA PEMETIK TEH DI PTPN XII (PERSERO) KEBUN WONOSARI

Authors

  • Ary Rahmady Pratama
  • Dwi Retno Andriani Social Economy Agriculture Faculty of Brawijaya University

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2015.026.1.1

Keywords:

tenaga kerja, produktivitas, produksi

Abstract

Produktivitas tenaga kerja merupakan hal yang penting bagi perusahaan. Peningkatan produktivitas kerja membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien sehingga diperlukan dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan perusahaan terutama dalam peningkatan produksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik umum karyawan khususnya tenaga kerja bagian pemetikan di PTPN XII (PERSERO) Kebun Wonosari, menganalisis faktor-faktor yang signifikan dan paling dominan mempengaruhi produktivitas kerja pemetik di PTPN XII (PERSERO) Kebun Wonosari. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan tujuh variabel (usia, pengalaman kerja, gaji, jaminan sosial, hubungan sesama pemetik, dan hubungan atasan bawahan) sebagai variabel dependen dan variabel produktivitas tenaga kerja senagai variabel dependen. Hasil penelitian ini yaitu : Produktivitas tenaga kerja PTPN XII (PERSERO) Kebun Wonosari pada setiap tenaga kerja berbeda tiap bulannya. Tenaga kerja yang termasuk kedalam golongan produktivitas rendah sebesar 30 orang responden dari 59 orang responden. Presentase pengaruh variabel independen seperti usia, pengalaman kerja, upah, jaminan sosial, hubungan sesama pemetik, hubungan atasan dan bawahan, jenis kelamin terhadap variabel dependen produktivitas tenaga kerja sebesar 93,8% atau variasi variabel independen yang digunakan dalam model mampu menjelaskan sebesar 93,8% variasi variabel dependen sedangkan sisanya sebesar 6,2% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produktivitas kerja tenaga kerja adalah usia, pengalaman kerja, dan tingkat upah. Ketiga variabel tersebut berpengaruh pada taraf signifikansi alpha 5% dengan koefisien regresi masing-masing sebesar -0,79, 0,26 dan 0,54.

References

. Akmal, Y. 2006. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Industri Kecil Kerupuk Sanjai di Kota Bukittinggi. Skripsi Program Studi Ekonomi Pertanian Dan Sumberdaya Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

. Gujarati, D. 1995. Ekonometrika Dasar. Erlangga, Jakarta.

. Hermanto, B. 2012. Pengaruh Prestasi Trainin, Motivasi Dan Masa Kerja Teknisi Terhadap Produktivitas Teknisi Di Bengkel Nissan Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

. Priyatno, D. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Mediakom, Yogyakarta.

. Santoso, S. 2001.Buku Latihan SPSS: Statiska Multivariat. Elex Media Komputindo, Jakarta.

. Sarwono, Jonathan dan Martadiredja, Tutty 2008. Riset Bisnis, Andi, Yogyakarta.

. Siagian, P. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

. Simamora, B. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

. Sudjana, 2004. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosadakarya, Bandung.

. Umar, H. 2004. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Downloads

Published

2015-09-02

How to Cite

Pratama, A. R., & Andriani, D. R. (2015). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS KERJA PEMETIK TEH DI PTPN XII (PERSERO) KEBUN WONOSARI. HABITAT, 26(1), pp.1–9. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2015.026.1.1

Issue

Section

Articles