Analisis Keunggulan Komparatif Usahatani Tebu (Studi di Desa Wates, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang)

Arindra Fazlur Azh, Suhartini Suhartini
  Habitat,,  pp.25-36  

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis keuntungan secara finansial dan ekonomi usahatani tebu di Desa Wates, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang (2) Menganalisis  keunggulan komparatif  pada komoditas tebu di Desa Wates, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang (3) Menganalisis tingkat sensitivitas keunggulan komparatif komoditas tebu terhadap kenaikan harga input produksi berupa pupuk anorganik, peningkatan produksi, dan perubahan nilai tukar rupiah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2016. Penentuan lokasi pada penelitian ini dilakukan secara purposive, untuk teknik pengambilan sampling menggunakan probability sampling. Sedangkan untuk penentuan samplingnya menggunakan random sampling dan menggunakan rumus slovin sehingga didapatkan 39 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis finansial dan ekonomi, DRC (domestic resource cost), dan analisis sensitivitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Usahatani tebu yang dilaksanakan di Desa Wates memiliki keunggulan secara finansial dan ekonomi, terbukti dari nilai yang diperoleh dari keuntungan finansial sebesar Rp. 12.588.514/hektar/musim tanam dan keuntungan ekonomi sebesar Rp. 352.496/hektar/musim tanam. (2) Usahatani tebu di Desa Wates memilki memiliki keunggulan komparatif yang dibuktikan dari nilai DRCR < 1 yaitu sebesar 0,90, yang artinya bahwa penggunaan sumberdaya domestik dalam usahatani tebu di Desa Wates telah efisien. (3) Pada analisis sensitivitas menunjukkan bahwa tingkat keunggulan komparatif tebu di Desa Wates sensitif terhadap perubahan harga input produksi berupa pupuk anorganik, peningkatan jumlah produksi dan perubahan nilai tukar rupiah.

Keywords


tebu; analisis finansial dan ekonomi; DRC; sensitivitas

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Silvia Gita. 2011. Analisis Kelayakan Usahatani Tebu (Saccharum officinarum) pada Pola Agroforestri Mindi-Tebu. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

BPS. 2014. Statistik Tebu Indonesia.www.bps.go.id/index.php/publikasi/1045. Diakses pada tanggal 29 Januari 2016.

BPS.2015.StatistiEksporIndonesia.http://www.bps.go.id/website/pdf_publikasi/Buletin-Statistik-Perdagangan-Luar-Negeri-Ekspor-Desember-2015.pdf. Diakses pada tanggal 29 Januari 2016.

BPS.2015.StatistikImporIndonesia.http://www.bps.go.id/website/pdf_publikasi/Buletin-Statistik-Perdagangan-Luar-Negeri-Impor-Desember-2015.pdf. Diakses pada tanggal 29 Januari 2016.

Darkrismawati, Dinik Putri. 2009. Analisis Keunggulan Komparatif Tebu di Kabupaten Kediri. Laporan Penelitian. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

Gray, dkk,. 2005. Pengantar Evaluasi Proyek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mardhiyah, Siti Hajar. 2007. Analisis Produktivitas dan Pendapatan Usahatani Tebu Model Kemitraan dan Non-kemitraan di Kabupaten Kediri. Fakultas Ekonomi. Universitas Brawijaya. Malang.

Prawirakusumo, Soeharno. 1990. Ilmu Usahatani. BPFE. Yogyakart.

Pearson, S, C. Gotsch, dan S. Bahri. 2005. Aplikasi Policy Analysis Matrix pada Pertanian Indonesia. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

Soekartawi. 1991. Dasar Penyusunan Evaluasi Proyek. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Wangke, Humphrey. 2014. Peluang Indonesia dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. htttp://berkas.dpr.go.id/pengkajianfiles/info%20singkat-VI-10-II-P3DI-April-2014-4.pdf. Diakses pada tanggal 4 Februari 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
HABITAT Indexed by :