Strategi Komunikasi Ketua Dalam Meningkatkan Eksistensi Kelompok (Kasus di Kelompok Tani Sidodadi di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo Kota Batu Jawa Timur)

Agus Subhan Prasetyo, Reza Safitri, Kliwon Hidayat
  Habitat,,  pp.26-34  

Abstract


Strategi komunikasi yang tepat akan menjadikan anggota mampu menerima dengan baik pesan yang disampaikan oleh ketua. Kasus di kelompok tani Sidodadi di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo Kota Batu Jawa Timur, keberhasilan kelompok tani bergantung pada bagaimana ketua kelompok tani Sidodadi memaknai tanggung jawabnya sebagai pemimpin kelompok tani. Apabila ketua kelompok tani Sidodadi mampu memaknai hal tersebut, maka akan berdampak pada tingkat tanggung jawab ketua, sehingga keberhasilan kelompok tani Sidodadi akan mudah tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi dan hambatan ketua dalam meningkatkan eksistensi kelompok tani Sidodadi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif kualitatif. Proses analisis data dimulai dengan menalaah seluruh data yang didapatkan dari hasil wawancara dan pengamatan yang sudah ditulis dalam catatan lapangan. Hasil penelitian diperoleh bahwa ketua kelompok tani Sidodadi memaknai perannya sebagai pemimpin kelompok tani yaitu, sebagai pemimpin harus mampu menjalankan tugasnya dengan jujur apa adanya dan bertanggung jawab penuh terhadap seluruh kegiatan kelompok tani. Oleh karena itu, ketua kelompok tani Sidodadi melakukan strategi komunikasi untuk meningkatkan eksistensi kelompok tani. Strategi komunikasi yang dilakukan ketua kelompok tani Sidodadi yaitu komunikasi dialogis dan komunikasi interpersonal.

Keywords


ketua kelompok tani; strategi komukasi; hambatan; eksistensi

Full Text:

PDF

References


Chamdan, M. (2012). Modul 11 Etika dan Filsafat Komunikasi (Komunikasi Dialogis dan Konflik Kepentingan). Elearning. Universitas Mercu Buana.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Hermanto, & Swastika, D. K.S. (2011). Penguatan Kelompok Tani: Langkah Awal Peningkatan Kesejahteraan Petani. Jurnal Analisis Kebijakan Pertanian, 9(1), 371-390.

Putri, I. F., & Hidayat, H. (2011). Analisis Persepsi Modal Sosial (Social Capital) dan Hubungan dengan Eksistensi Kelompok Tani (Kasus pada Kelompok Tani Wanita “Sri Sejati 2”, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Wacana Jurnal Sosial dan Humaniora, 14(1), 11-17.

Kementerian Pertanian RI. (2013). Peraturan Menteri Pertanian tentang Pedoman Pembinaan Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani (Permetan Nomor 82/Permentan/OT.140/8/2013). Diakses dari http://perundangan.pertanian.go.id/admin/file/Permentan%20No.82%20Tahun%202013.pdf

Mardikanto, T. (2008). Penyuluhan Pertanian. Surakarta: Prima Theresia Pressindo.

Mikkelsen, B. (2003). Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya – Upaya Pemberdayaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Moleong, L.J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pertiwi, P. R., & Heryadi, H. (2012). Peran Kepemimpinan Kontak Tani dalam Proses Difusi Inovasi Teknologi Pengelolaan Tanaman dan Sumberdaya Terpadu Padi (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Padi di Wilayah Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang, Banten). Jurnal Matematika, Sains dan Teknologi, 13(1), 51-63.

Rakhmat, J. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saptorini. (2013). Persepsi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Konservasi Hutan Mangrove di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Tesis. Universitas Diponegoro.

Sinulika, R. (2016). Peran Kepala Kampung Dalam Memanfaatkan Modal Sosial Masyarakat Kampung Lobang Kelatak Kecamatan Batu Putih Kabupaten Berau. eJournal Sosiatri-Sosiologi, 4(2), 183-196.

Sumardjo. (2003). Kepemimpinan dan Pengembangan Kelembagaan Pedesaan. IPB: Press Bogor.

Tampubolon, J., et al. (2006). Pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan kelompok (Kasus pemberdayaan masyarakat miskin melalui pendekatan kelompok usaha bersama (KUBE)). Jurnal Penyuluhan, 2(2), 10-22.

Tubbs, S. L., & Moss, S. (2000). Human Communication: Prinsip-prinsip Dasar. Buku pertama. Pengantar; Deddy Mulyana. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wijaya, I. S. (2015). Perencanaan dan Strategi Komunikasi dalam Kegiatan Pembangunan. Jurnal Lentera, 18(1), 53-61.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
HABITAT Indexed by :