Analisis Kepuasan Petani Bunga Krisan Potong terhadap Insektisida X di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu

Authors

  • Febriana Dian Indranisa Ramadhani Faculty of Agriculture, Brawijaya University
  • Ratya Anindita Socio Economics Department, Faculty of Agriculture, Brawijaya University

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2017.028.1.5


Keywords:

kepuasan konsumen, loyalitas merek, insektisida

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat kepuasan dan sekaligus menganalisis tingkat loyalitas petani bunga krisan potong terhadap penggunaan insektisida X. Metode yang digunakan adalah metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI).Untuk mengukur tingkat kepuasan digunakan delapan variabel yaitu kinerja, keistimewaan tambahan, keandalan, kesesuaian dengan spesifikasi, daya tahan, serviceability, estetika, dan kualitas yang dipersepsikan. Kemudian untuk mengukur tingkat loyalitas, diukur dengan lima tingkatan loyalitas yaitu switcher, habitual buyer, satisfied buyer, liking the brand, committed buyer. Responden yang digunakan berjumlah 55 orang petani bunga krisan potong. Metode IPA menghasilkan rata-rata tingkat kesesuaian sebesar 104.53% dan menunjukan bahwa produk sudah dapat memenuhi harapan konsumen. Metode CSI menghasilkan tingkat kepuasan sebesar 71.6% dan termasuk dalam kriteria puas. Hasil analisis loyalitas menunjukan petani bunga krisan potong berada pada tingkat loyalitas liking the brand.

References

Aaker, David. 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Spektrum.

Ambarsari, Yohana Candra. 2006. Pengaruh Kinerja Produk, Keistimewaan Tambahan, Keandalan, Kesesuaian dengan Spesifikasi, Serviceability, Daya Tarik Produk, Kualitas Yang Dipersepsikan sebagai Pembentuk Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek. Jurnal. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma.

Badan Pusat Statistik. 2013. Perdagangan Internasional Tanaman Hias (online), .

Djamaludin, M. D., Sumarwan, U., & Mahardikawati, G. N. A. 2009. Analisis kepuasan dan loyalitas konsumen jamu gendong di Kota Sukabumi.Jurnal Ilmu. Kel. & Kons. Vol. 2, No.2:175-185.

Fornell, C. 1992. A National Customer Satisfaction Barometer: The Swedish Experience. Journal of Marketing, Vol. 56:6-21.

Ghozali. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irawan, D dan Japarianto, E. 2013. Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Surabaya: Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1, No. 2:1-8.

Mustikarini, F., Retnaningsih, & Simanjutak, M. 2014. Kepuasan dan Loyalitas Petani Padi Terhadap Pestisida. Jur. Ilm. Kel. & Kons. Vol. 7, No. 2:93-102.

Nugraha, R., Harsono, A., & Adianto, H. 2014. Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa pada Bengkel “X†Berdasarkan Hasil Matrix Importance-Performance Analysis. Jurnal Teknik Industri Itenas. Vol. 1, No. 3: 221-231.

Nurmalinda dan Hayati. 2014. Preferensi Konsumen terhadap Krisan Bunga Potong dan Pot. J.Hort. Vol. 24, No. 4:363-372.

Odunlami, B dan Matthew, O. 2015. Impact of Customer Satisfaction on Customer Loyalty: A Case Study of a Reputable Bank in Oyo, Oyo State, Nigeria. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR). Vol. 3, No. 2:59-69.

Pohandry, A., Sidarto, & Winarni. 2013. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index Dan Importance Performance Analysis Serta Service Quality. Yogyakarta: Jurnal Rekavasi. Vol. 1, No. 1.

Purnomo, Wirdha. 2015. Analisa Kepuasan Pelanggan Terhadap Bengkel Dengan Metode Ipa (Importance Performance Analysis) Di Pt. Arina Parama Jaya Gresik. Surabaya: Jurnal JTM. Vol. 3, No. 3:54-63.

Purwanto, E., Hadiwidjojo, D., & Ratnawati, K. 2013. Preferensi Merek Sebagai Pemediasi Pengaruh Kesadaran Merek dan Asosiasi Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. Malang: Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol. 11, No. 2:186-196.

Rijanto, Ong Andre W. 2014. Analisis Customer Satisfaction Index (Csi) Produk Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Produk Umkm Rumput Laut Situbondo. Jurnal Media Mahardika. Vol. 12, No. 3:73-84.

Sukardi dan Cholidis, C. 2006. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk Cornet Produksi PT. CIP Denpasar. Bali: Jurnal Teknologi Industri Pertanian. Vol. 11, No.2:106-117.

Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Bineka Cipta.

Susila, Sumarwan, & Kirbrandoko. 2014. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Brand Switching Behavior Minuman Teh Dalam Kemasan. Jurnal Ilm. Kel. & Kons. Vol. 7, No. 3:193-201.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: ANDI.

Wasito, A., dan Komar, D. 2004. Pengaruh Jenis Pupuk terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Krisan. J.Hort. Vol. 14, No. 3:1-5.

Wicaksono, B., Muhaimin, A., Koestiono, D. 2013. Analisis Sikap Dan Kepuasan Petani Dalam Menggunakan Benih Kentang Bersertifikat (Solanum Tuberosum L.). Jurnal Habitat. Vol. 24, No. 3:184-193.

Yola dan Budianto. 2013. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Riau: Jurnal Optimasi Sistem Industri. Vol. 12, No.12:301-309.

Downloads

Published

2017-07-18

How to Cite

Ramadhani, F. D. I., & Anindita, R. (2017). Analisis Kepuasan Petani Bunga Krisan Potong terhadap Insektisida X di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu. HABITAT, 28(1), pp.28–36. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2017.028.1.5

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>