Strategi Pengembangan Usaha Kecap Cemara Dengan Metode Blue Ocean Strategy dan Balanced Scorecard Pada UKM Cemara Food, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2016.027.1.3Keywords:
blue ocean strategy, balanced scorecard, kecap, UKMAbstract
Meningkatnya jumlah pesaing menyebabkan UKM Cemara Food seakan terjebak dalam kondisi persaingan yang sangat kompetitif karena kompetisi pasar. Minimnya inovasi dalam hal manajerial produksi dan operasi membuat strategi yang diterapkan perusahaan menjadi tidak relevan lagi dengan kondisi yang ada. Sehingga diperlukan penelitian ini untuk melihat kondisi kinerja perusahaan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk 1) Menganalisis kinerja UKM Cemara Food. dan 2) Memformulasikan rancangan strategi pengembangan untuk produk kecap Cemara. Metode yang digunakan untuk menganalisis kinerja perusahaan adalah Balanced Scorecard, sedangkan untuk memformulasikan strategi menggunakan pendekatan Blue Ocean Strategy dan Balanced Scorecard. Nilai R/C Ratio sebesar 1,25 dan ROE sebesar 16,4% menunjukan penggunaan modal dan aliran keuangan perusahaan sudah dapat dikatakan baik meski harus ditingkatkan lagi efisiensinya. Nilai CSI sebesar 71% yang berarti bahwa indeks kepuasan keseluruhan konsumen yang dihitung berdasarkan atribut produk berada pada kriteria puas.References
Brigham dan Houston. 2007. Essential of Financial Management. Singapore. Thompson.
Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek & Psikologi Konsumen. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Handoko, Tani dan Dharmmesta, Basu Swasta. 2012. Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.
Heizer, Jay dan Render, Barry. 2009. Manajemen Operasi. Buku 1. Edisi 9. Jakarta. Salemba Empat.
Hermawan, Sigit. 2013. Akutansi Perusahaan Manufaktur. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Ichsan, Muhammad., Sukarno, Edy., dan Yuwono, Sony. 2007. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Khoiriyah, Lailiyatul. 2015. Strategi Pengembangan Usaha Sayuran Organik Suka Karya Garden Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy Dan Balanced Scorecard. Skripsi. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya.
Kim, W. Chan dan Mauborgne, Renee. 2005. Blue Ocean Strategi. Boston : Harvard. Deterjemahkan oleh : Serambi Ilmu Semesta. Jakarta.
Kotler, Philip. 2002. Marketing Management : The Millennium Edition. New Jersey. Upper Saddle River.
Norton David P . dan Kaplan Robert S. 2004. Menerapkan Strategi Menjadi Aksi : Balanced Scorecard. Jakarta. Erlangga.
Olson, Jerry dan Peter, Paul J. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi 9. Buku 2. Jakarta. Salemba empat.
Sedarmayanti, Hj. dan Hidayat, Syarifuddin. 2002. Metodologi Penelitian. Bandung. Mandar Maju.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2013. TEORI, KUISIONER & ANALISIS DATA: Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Wanabakti, Angih dan Dwihardo, Nelman. 2011 Pengaruh Pelatihan, Penerapan Sop, Reward System, Lingkungan Kerja Dan Peralatan Terhadap Produktivitas Teknisi. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
HABITAT by http://habitat.ub.ac.id/index.php/habitat/index is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).