EFISIENSI PEMASARAN JERUK PAMELO DALAM WILAYAH MAGETAN (CITRUS GRANDIS L. OSBEK)
Keywords:
efisiensi pemasaran jeruk pamelo, efisiensi harga, efisiensi operasionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi saluran pemasaran jeruk pamelo yang terbentuk di daerah penelitian; (2) Menganalisis fungsi pemasaran yang dilakukan setiap saluran pemasaran di daerah penelitian;(3) Menganalisis marjin pemasaran dan efisiensi pemasaran jeruk pamelo dari segi efisiensi harga dan operasional. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis marjin pemasaran,analisis efisiensi harga dan analisis efisiensi operasional untuk mengetahui seberapa efisien pemasaran jeruk pamelo di daerah penelitian dari sudut lembaga pemasaran yang terlibat dari pemasaran jeruk pamelo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran di dalam wilayah Kab. Magetan. Menurut hasil analisis marjin pemasaran menunjukkan bahwa marjin pemasaran yang diterima petani jauh lebih kecil dari marjin yang diterima lembaga pemasaran. Menurut hasil analisis efisiensi harga menunjukkan bahwa lembaga pemasaran telah efisiensi dalam pemasaran jeruk pamelo. Sedangkan menurut hasil analisis efisiensi operasional lembaga pemasaran belum efisien dalam pemasaran jeruk pamelo.
Kata Kunci : efisiensi pemasaran jeruk pamelo, efisiensi harga, efisiensi operasional
References
Anindita, Ratya. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran Hasil Pertanian. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.
Anindita, Ratya. 2004. Pemasaran Hasil Pertanian. Papyrus. Surabaya.
Apriyantono, Anton. 2005. Produk Pertanian Hadapi Distorsi Tata Niaga. Available online with up dates at http : www.agroindonesia.com. (Verified 18 Oktober 2009).
BPS Kabupaten Magetan. 2009. Magetan Dalam Angka 2008. BPS Kabupaten Magetan.
Riduwan, Drs.,M.B.A. 2007. Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistika. Alfabeta. Bandung.
Rismunandar. 1989. Bertanam Jeruk Besar. Penebar Swadaya. Jakarta.
Saefudin. 1981. Pemasaran Produk Pertanian. Kuliah Sarjana. Institut Pertanian Bogor.
Saladin, Djaslim. 1994. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Mandarmaju. Bandung.
Sarwono, B. 1995. Jeruk Dan Kerabatnya. Penebar Swadaya. Jakarta.
Setiawan, A. I. 1995. Usaha Pembudidayaan Jeruk Besar. Penebar Swadaya. Jakarta.
Soekartawi. 1989. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian. Rajawali Press. Jakarta.
Soekartawi. 1993. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil Pertanian: Teori dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo. Jakarta.