ANALISIS MARKETING MIX YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SUSU PASTEURISASI “DAU FRESH MILK” DI KUD DAU MALANG

Bambang Ali Nugroho, Prahargono Dewanto
  Habitat,,  pp.39-50  

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di KUD DAU Malang, pada tanggal 22 Februari sampai 20 Maret 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atau mendeskriptifkan faktor-faktor marketing mix yang menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian produk susu pasteurisasi “Dau Fresh Milk” dan untuk mengetahui faktor marketing mix dominan yang menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian produk susu pasteurisasi “Dau Fresh Milk”.

Responden penelitian adalah konsumen susu pasteurisasi KUD DAU yang diambil secara accidental sampling. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 50 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang bersifat survei. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuisioner untuk mendapatkan data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan analisis faktor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 16 variabel penelitian yang diuji dengan Measures of Adequacy (MSA) terdapat variabel yang dikeluarkan yaitu X4 (Kualitas Produk) dan X16 (Pelayanan Pendukung), sehingga pengujian selanjutnya hanya mengikutkan 14 variabel. Hasil analisis dari 14 variabel tersebut diperoleh nilai determinant matriks korelasi sebesar 0,03, nilai Keiser-Meyer-Olkin (KMO) sebesar 0,65 dan nilai Bartlett test sebesar 0,000, sehingga variabel-variabel tersebut sudah bisa dianalisis lebih lanjut. Pengujian faktor menghasilkan 6 faktor yang terbentuk yaitu : 1) Indeks harga dengan nilai keragaman sebesar 24,42%. Indeks ini didukung variabel perbandingan harga, perubahan harga, dan public relation, 2) Indeks kemudahan dan selera dengan nilai keragaman sebesar 12,97%. Indeks ini didukung variabel ukuran, daya tarik iklan dan kenyamanan tempat, 3) Indeks intensitas promosi dengan nilai keragaman sebesar 10,29%. Indeks ini didukung variabel frekwensi iklan dan jumlah pengecer, 4) Indeks label dengan nilai keragaman sebesar 8,74%. Indeks ini didukung variabel label dan persepsi harga, 5) Indeks diversifikasi produk dengan nilai keragaman sebesar 7,67%. Indeks ini didukung variabel variasi produk dan sponsorship, 6) Indeks kemasan produk dengan nilai keragaman sebesar 7,20%. Indeks ini didukung variabel kemasan.

Kesimpulan dari penelitian ini yang pertama yaitu ada 6 faktor marketing mix yang menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian susu pasteurisasi “Dau Fresh Milk” yaitu indeks harga, indeks kemudahan dan selera, indeks intensitas promosi, indeks label, indeks diversifikasi produk, dan indeks kemasan produk. Kedua, faktor dominan yang menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian susu pasteurisasi “Dau Fresh Milk” adalah kemasan produk yang memiliki factor loading terbesar yaitu 0,873.

Kata Kunci: Marketing Mix, Kepuasaan Konsumen, Analisis Faktor

Keywords


Marketing Mix, Kepuasaan Konsumen, Analisis Faktor

Full Text:

PDF

References


Boone, L., Kurtz, E and David L. 1992. Contemporary Marketing. Seventh Edition The Dryden Press. Orlando.

Buckle, R. Edward, A and Flet, H. 1985. Ilmu Pangan. Penerbit UI Press. Orlando.

David, A. 1997. Marketing Management and Formulation Strategic. Jilid satu. Penerbit Binarupa Aksara. Jakarta.

Endang, S. 1993. Audience Research. Andy Offset. Yogyakarta.

Engel, J., Blackwell, R and Miniard, P. 1995. Perilaku Konsumen. Diterjemahkan oleh Budianto. Binarupa Aksara. Jakarta.

Guiltinan, J. 1986. Marketing Management : Strategies and programs. Mc Graw- Hill International Book Company. New Jersey.

Hasan, M. 1995. Analisis Faktor. Makalah Lokakarya Statistik dan Analisis Data Penelitian. Universitas Brawijaya. Malang.

Kim, J and Mueller, C. 1995. Factor Analysis : Statistical Methods and Practical Isue. Soge Pub. New Bury Park.

Kotler, P. 1987. Marketing. Jilid satu. Terjemahan Herujati Purwoko. Erlangga. Jakarta.

Lamb, C., Joseph F, and Mc. Daniel, C. 2001. Marketing. Salemba Empat. Jakarta.

Maholtra, N. 1996. Marketing Research. Applied Orientiation. Second Edition Prentice Hall. Englewood Alifis. New Jersey.

Mowen and Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid satu edisi kelima. Erlangga. Jakarta.

Mursid, M. 1997. Manajemen Pemasaran. Penerbit : Bumi Aksara. Jakarta.

Parasuraman, A. 1991. Marketing Research. Second Edition. Addison-Wesley. Pub.Co.Meulo Park.

Singarimbun. 1995. Metodologi Penelitian Survei. Edisi Revisi. LP3ES. Jakarta.

Soekarwati. 1993. Agribisnis Teori dan Aplikasi. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

Subhash, S. 1996. Applied Multivariate Techniques. First Edition. John Wiley and Senc Inc. Toronto.

Swastha, B. 1979. Azas-Azas Marketing. Edisi Ketiga. Penerbit Liberty. Yogyakarta.

Swastha, B. 1998. Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit : Liberty. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
HABITAT Indexed by :