ANALISIS USAHA AGROINDUSTRI KERUPUK SINGKONG (Studi Kasus di Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Wisata Batu)

Authors

  • Aulia Raharja
  • Budi Setiawan
  • Riyanti Isaskar


Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Menganalisis nilai tambah agroindustri kerupuk singkong, (2) Menganalisis keuntungan agroindustri kerupuk singkong, dan (3) Menganalisis tingkat efisiensi usaha agroindustri kerupuk singkong. Analisis usaha merupakan titik awal untuk pengambilan keputusan keuangan produsen. Analisis usaha yang dilakukan meliputi analisis nilai tambah, biaya, penerimaan dan keuntungan serta analisis efisiensi usaha. Dimana analisis nilai tambah memberikan imbalan bagi tenaga kerja dan keuntungan yang diperoleh pengusaha, kemudian analisis penerimaan adalah semua pendapatan yang diterima pengusaha dalam kaitannya dengan jumlah produk yang dihasilkannya. Sedangkan analisis efisiensi bertujuan untuk mengetahui apakah agroindustri kerupuk singkong memberikan keuntungan bagi pengusaha maupun pekerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasio nilai tambah sebesar 48.67%, hal ini berarti agroindustri kerupuk singkongkong memberikan nilai tambah tinggi. Total keuntungan yang diperoleh agroindustri per proses produksi sebesar Rp479,300.00. Sedangkan nilai efisiensi usaha (R/C rasio) sebesar 1.49, artinya agroindustri ini telah efisien dan menguntungkan.

Kata kunci : agroindustri, kerupuk singkong, analisis usaha

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Hanani, Nuhfil; Ibrahim, J.T; Purnomo, M. 2003. Strategi Pengembangan Pertanian : Sebuah Pemikiran Baru. Lappera Pustaka Utama. Jakarta.

Hermawatie. 1998. Agroindustri Tempe dan Peran Koperasi Dalam Pengembangannya. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.

Rukmana, Rahmat. 1997. Ubi Kayu, Budidaya dan Pasca Panen. Kanisius. Yogyakarta.

Soehardjo. 1991. Konsep dan Ruang Lingkup Agroindustri. Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI). Jakarta.

Soekartawi.1995. Analisis Usaha Tani. Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Downloads

Published

2014-11-17

How to Cite

Raharja, A., Setiawan, B., & Isaskar, R. (2014). ANALISIS USAHA AGROINDUSTRI KERUPUK SINGKONG (Studi Kasus di Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Wisata Batu). HABITAT, 24(3), pp.223–229. Retrieved from https://habitat.ub.ac.id/index.php/habitat/article/view/154

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>