ANALISIS SIKAP DAN KEPUASAN PETANI DALAM MENGGUNAKAN BENIH KENTANG BERSERTIFIKAT (Solanum tuberosum L.) (Kasus di Kecamatan Bumiaji Kota Batu)

Authors

  • Bayu Eka Wicaksana
  • Abdul Wahib Muhaimin
  • Djoko Koestiono

Abstract

Usahatani kentang memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan di Kota Batu. Produksi kentang di Kota Batu yang hanya mencapai 11 ton/ha dari potensi sebesar 35 ton/ha. Pada umumnya petani di lokasi penelitian menggunakan benih lokal dalam kegiatan usahataninya. Hal ini yang menyebabkan produktivitas tidak optimal. Sikap dan kepuasan petani dalam menggunakan benih kentang bersertifikat merupakan hal yang perlu dicermati oleh produsen benih kentang bersertifikat dalam memahami keinginan petani dalam menghadapi persaingan yang ketat. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa atribut-atribut yang menentukan sikap dan kepuasan petani adalah potensi produksi, daya tahan, daya tumbuh benih, keseragaman benih, ukuran benih, ketersediaan benih, harga beli benih, asal produksi dan label sertifikasi.  Petani memiliki sikap netral terhadap benih kentang bersertifikat dan berdasarkan analisis CSI menunjukkan bahwa petani termasuk dalam kategori puas dalam menggunakan benih kentang bersertifikat, guna meningkatkan kepuasan petani menggunakan benih kentang bersertifikat perlu perbaikan kinerja atribut harga beli benih kentang bersertifikat yang tergolong mahal. Kata kunci: benih kentang bersertifikat, atribut, analisis sikap dan kepuasan

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Rineka Cipta. Jakarta

Badan Pusat Statistik. 2013. Produk Domestik Bruto. Availabel from URL : www.bps.go.id/brs_file/pdb_06agu12.pdf. Diakses pada Februari 2013

Departemen Pertanian. 2009. Kinerja Perdagangan Komoditas Pertanian . Availabel from URL : pusdatin.deptan.go.id/.../outlook_kinerja_perdagangan_vol109.pdf. Diakses Maret 2012

Direktorat Jendral Hortikultura. 2012. Ekspor Impor Hortikultura. Availabel from URL : http:// hortikultura.deptan.go.id. Diakses September 2012

Rangkuti, Freddy. 2002. The Power of Brand Technic Mengelola Brand Equity Dan Strategi Pengembangan Merek. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Ridwan, H.K, Nurmalinda, Sabri, Y Hilman. 2010. Analisis Finansial Penggunaan Benih Kentang G4 Bersertifikat dalam Meningkatkan Pendapatan Usahatani Petani Kentang. Jurnal Hortikultura 20(2): 196-206

Sayaka, Bambang dan Hestina, Juni . 2011. Kendala Adopsi Benih Bersertifikat Untuk Usahatani Kentang. Forum Penelitian Agro Ekonomi Volume 29 No. 1, Juli 2011 : 27-41

Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Cetakan kedua. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Suwarno, Billy Bayuardi. 2000. Sistem Perbenihan Kentang di Indonesia. Availabel from URL : http://situshijau.co.id. Diakses pada tanggal April 2012

Downloads

Published

2014-11-12

How to Cite

Wicaksana, B. E., Muhaimin, A. W., & Koestiono, D. (2014). ANALISIS SIKAP DAN KEPUASAN PETANI DALAM MENGGUNAKAN BENIH KENTANG BERSERTIFIKAT (Solanum tuberosum L.) (Kasus di Kecamatan Bumiaji Kota Batu). HABITAT, 24(3), pp.184–193. Retrieved from https://habitat.ub.ac.id/index.php/habitat/article/view/129

Issue

Section

Articles