ANALISIS DAYA SAING KOPI ARABIKA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII (KEBUN KALISAT - JAMPIT)

Dinar Rizqi Amaliyah, Rini Dwiastuti, Budi Setiawan
  Habitat,,  pp.173-183  

Abstract


Kopi merupakan salah satu komoditas andalan perkebunan yang memiliki kontribusi cukup besar dalam perekonomian Indonesia, antara lain sebagai penghasil devisa, sumber pendapatan petani, penghasil bahan baku industri, penciptaan lapangan kerja dan pengembangan wilayah. Mengingat bahwa kopi merupakan bahan perdagangan yang sangat penting dan menjadi salah satu komoditas ekspor andalan Indonesia dalam perdagangan dunia, maka perlu dilakukan penelitian mengenai analisis daya saing. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis daya saing kopi arabika ekspor dan lokal di PTPN XII Kebun Kalisat - Jampit. Policy Analysis Matrix (PAM) digunakan untuk menganalisis daya saing. Melalui matriks tersebut, kriteria Rasio Biaya Privat (PCR) dan Rasio Sumberdaya Domestik (DRC) yang mengacu pada keunggulan kompetitif dan komparatif dapat dihitung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha pengolahan kopi arabika PTPN XII Kebun Kalisat - Jampit untuk pasar ekspor dan pasar lokal sama - sama memiliki daya saing. Tingkat keunggulan komparatif kopi arabika untuk pasar lokal lebih baik daripada kopi arabika untuk pasar ekspor. Hal ini ditunjukkan dengan nilai DRC kopi arabika lokal (0,400) yang lebih rendah daripada kopi arabika ekspor (0,492). Akan tetapi, apabila dilihat dari nilai PCR kopi arabika untuk pasar ekspor memiliki tingkat keunggulan kompetitif yang lebih baik daripada kopi arabika untuk pasar lokal. Hal ini ditunjukkan dengan nilai PCR kopi arabika ekspor (0.492) yang lebih rendah daripada kopi arabika lokal (0.493).

Kata Kunci: Daya Saing, Keunggulan Komparatif, Keunggulan Kompetitif, Policy Analysis Matrix, Kopi Arabika


Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia. 2013a. BI Membuat Referensi Nilai Tukar Rupiah-Dollar AS. http://www.bi.go.id (Verified 21 Juni 2013)

Bank Indonesia. 2013b. Kurs Transaksi Bank Indonesia Mata Uang USD. http://www.bi.go.id (Verified 20 Maret 2013)

Gittinger, P. J. 1986. Analisa Ekonomi Proyek-proyek Pertanian. UI Press. Jakarta.

Gosta. 2011. Konsumsi Dalam Negeri Dan Luar Negeri Serta Jumlah Olahan Kopi. http://bataviase.co.id/node/875463 (Verified 13 Januari 2013)

International Coffee Organization. 2013. Monthly Coffee Market Report April 2013. http://ico.org (Verified 15 Mei 2013)

Monke, Eric A. dan Scott R. Pearson. 1995. The Policy Analysis Matrix for Agricultural Development. Cornel University Press. Ithaca and London.

Saptana. 2010. Tinjauan Konseptual Mikro-Makro Daya Saing dan Strategi Pembangunan Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi. Volume 28 No.1, Juli 2010:1-18

Soetriono. 2009. Strategi Peningkatan Daya Saing Agribisnis Kopi Robusta dengan Model Daya Saing Tree Five. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian.

Squire, L. dan Herman G. van der Tak. 1982. Analisa Ekonomi Proyek-proyek Pembangunan. Universitas Indonesia. Jakarta.

Tambunan, T. 2000. Perdagangan Internasional dan Neraca Pembayaran: Teori dan Temuan Empiris. Pustaka LP3ES. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
HABITAT Indexed by :