PENGARUH KREDIT KETAHANAN PANGAN DAN ENERGI TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI TEBU DI DESA BAKALAN KECAMATAN BULULAWANG KABUPATEN MALANG

Ninin Khoirunnisa, Kliwon Hidayat, Rini Dwiastuti
  Habitat,,  pp.161-172  

Abstract


Penelitian ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan peningkatan kinerja industri gula nasional melalui Program Akselerasi Peningkatan Produktivitas Gula Nasional yaitu dengan program Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E).Oleh karena Desa Bakalan Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang merupakan wilayah historis sentra produksi tebu yang mengikuti program KKP-E,maka tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh program KKP-E terhadap pendapatan usahatani tebu. Penggunaan KKP-E akan meningkatkan kuantitas pupuk dan biaya garap yang terkait langsung pada aspek penggunaan input, produksi dan pendapatan usahatani, keterkaitan tersebut dianalisis secara simultan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa adanya program KKP-E memiliki pengaruh yang nyata secara simultan terhadap penggunaan input produksi pupuk dan tenaga kerja, produktivitas usahatani tebu, dan pendapatan usahatanitebu. Selain itu dalam penelitian ini juga dilakukan simulasi terhadap kuantitas dan share bunga KKP-E terhadap total biaya usahatani tebu. Peningkatankuantitas KKP-E sebesar dua kali lipat dan penurunan share bunga KKP-E sebesar 30 persen berdampak pada peningkatan pendapatan usahatani tebu.

Kata kunci : KKP-E, Input produksi,Produktivitas, Pendapatan, Analisis Simultan


Full Text:

PDF

References


Ashari. 2009. Optimalisasi Kebijakan Kredit Program Sektor Pertanian di Indonesia. Analisis Kebijakan Pertanian Volume 7 Nomor 1: 21-42.

Badan Litbang. Departemen Pertanian. 2008. Konsumsi Gula di Indonesia Tahun 2003-2007. Surabaya. Jawa Timur.

Dewan Gula indonesia. 2011. Bunga Rampai Peraturan Pergulaan Indonesia. Sekretariat Dewan Gula Indonesia. Jakarta.

Ellis, F. 1991. Agricultural Policies In Developing Countries. Cambridge University Press. Cambridge

Fajrina, N. A. 2012. Analisis Pengaruh Kredit Ketahanan Pangan Dan Energi Terhadap Pendapatan Petani Padi Di Kabupaten Karanganyar.Jurnal Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Parel, C.P., G.C. Caldito, P.L. Ferrer, G.G. De Guzman, C.S. Sinsioco, and R.H.Tan. 1973. Sampling Design and Prosedures. Quezon city.

Singarimbun, Masri dan Efendi, Sofyan .1995. Metode Penelitian Survai. LP3ES. Jakarta.

Susilowati, S.H dan Tinaprilla, Netti . 2012. Analisis Efisiensi Usaha Tani Tebu di Jawa Timur. Jurnal Littri 18(4), Halaman 162-172.

Wahyudi, A.,dan Suci W. 2000. Analisis Sistem Perkreditan Usahatani Tebu. Jurnal Sosial Ekonomi Volume 1 Nomor 1.

Wibowo, Edy. 2013. Pola Kemitraan Antara Petani Tebu Rakyat Kredit (TRK) dan Mandiri (TRM) Dengan Pabrik Gula Modjopanggoong Tulungagung. Jurnal Manajemen Agribisnis, Volume 13 Nomor 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
HABITAT Indexed by :