ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU PEMBACA SURAT KABAR TERHADAP IKLAN SUSU KEDELAI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah membahas sikap dan perilaku pembaca surat kabar terhadap iklan susu kedelai dimana fungsi iklan itu sendiri sangat penting dalam pemasaran, selain sebagai alat penyampaian informasi tentang suatu produk kepada konsumen, iklan juga mempunyai peranan penting dalam menancapkan merek suatu produk ke pikiran konsumen yang pada akhirnya dapat mempengaruhi sikap dari konsumen tersebut, dan kemudian konsumen tersebut dapat membuat keputusan apakah membeli atau tidak, serta mengetahui variabel yang paling berpengaruh dalam pembentukan sikap konsumen tersebut.Hasil dari penelitian ini adalah secara umum sikap pembaca Surat kabar terhadap iklan Susu Kedelai adalah netral cenderung positif, sedangkan perilaku pembaca surat kabar menunjukkan ragu-ragu cenderung bermaksud untuk membeli atau konsumen tidak bisa memastikan apakah akan membeli atau tidak produk susu kedelai. Untuk itu diperlukan iklan yang lebih menarik lagi untuk membuat sikap calon konsumen tersebut lebih positif dengan cara mengetahui variabel apa yang paling berpengaruh terhadap sikap dan perilaku konsumen tersebut. Dari hasil yang diperoleh menunjukkan variabel iklan yang paling berpengaruh terhadap sikap dan perilaku pembaca surat kabar adalah variabel judul iklan, penggunaan judul iklan yang menarik akan menarik perhatian para calon konsumen untuk lebih memperhatikan isi dari iklan tersebut.  Kata kunci :  Sikap, Perilaku pembaca, Iklan susu Kedelai.References
Ferrinadewi, E. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Grahaa Ilmu. Yogyakarta.
Jefkins, F. 1997. Periklanan. Alih Bahasa Haris Munadar, Cetakan kedua. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kasali, R. 1992. Manajemen Periklanan : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Cetakan kedua. Pustaka Utama Grafiti. Jakarta.
Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Alih Bahasa Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli, Edisi Kesembilan. Jilid I. Prenhallindo. Jakarta.
Kotler, P. dan G. Amstrong. 2003. Dasar-dasar Pemasaran. edisi kesembilan, jilid I. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta
Lenny. 2008. Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Iklan Frestea Green Di Televisi. FP UB. Malang
Simamora, B.. 2004. Penduan Riset Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi. CV.Alfabeta. Bandung.
Swastha, B. 1980. Asas-asas Marketing Edisi 2. Akademi Keuangan dan Bisnis. Yogyakarta.
Tjiptono, F. 2002. Strategi Pemasaran. Andi offset. Yogyakarta.
Winardi. 1992. Promosi dan Reklame. Edisi kedua. CV. Mandar Maju. Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
HABITAT by http://habitat.ub.ac.id/index.php/habitat/index is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).