ANALISIS KEMITRAAN PT. BENIH CITRA ASIA DENGAN PETANI TOMAT (Lycopersicum esculentum, Mill) (Studi Kasus di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi)

Authors

  • Baiq Pramita Kusuma Dewi
  • Budi Setiawan
  • Riyanti Isaskar


Abstract

Tujuan  penelitian  adalah  (1) Menganalisis proses pelaksanaan kemitraan antara petani tomat dengan PT. Benih Citra Asia, (2) Menganalisis tingkat pendapatan usahatani antara petani yang menjalankan kemitraan dengan PT. Benih Citra Asia dengan petani yang tidak mengikuti kemitraan, dan (3) Menganalisis faktor-faktor yang menjadi pertimbangan pengambilan keputusan petani dalam melakukan kemitraan atau tidak melakukan kemitraan dengan PT. Benih Citra Asia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemitraan yang dijalankan antara petani di Desa Jambewangi dengan PT. Benih Citra Asia adalah kemitraan contract farming. Hasil uji beda rata-rata menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara pendapatan petani mitra dan pendapatan petani non-mitra dimana nilai pendapatan petani mitra lebih tinggi daripada pendapatan petani non-mitra. Untuk hasil analisis logit, diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan petani secara signifikan dalam mengikuti kemitraan adalah faktor luas lahan, pengalaman usahatani dan persepsi.

Kata Kunci: Kemitraan, Petani Tomat, Analisis Usahatani, Analisis Faktor-faktor

References

Antara, M. 2004. Pengembangan Usaha Hortikultura Petani Kecil. Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Udayana. Bali.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Komunikasi Pertanian. UI Press. Jakarta.

Hafsah, M.J.. 2002. Kemitraan Usaha. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Downloads

Published

2013-10-24

How to Cite

Dewi, B. P. K., Setiawan, B., & Isaskar, R. (2013). ANALISIS KEMITRAAN PT. BENIH CITRA ASIA DENGAN PETANI TOMAT (Lycopersicum esculentum, Mill) (Studi Kasus di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi). HABITAT, 22(2), pp.98–117. Retrieved from https://habitat.ub.ac.id/index.php/habitat/article/view/121

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>