TINGKAT PARTISIPASI DAN KINERJA PEREMPUAN PADA PROGRAM FEATI (FARMER EMPOWERMENT THROUGH AGRICULTURAL TECHNOLOGY AND INFORMATION) DI KABUPATEN MALANG

Authors

  • Rista Novita
  • Djoko Koestiono
  • Mangku Purnomo


Abstract

Program FEATI (Farmer Empowerment through Agricultural Technology and Information) merupakan suatu program pemberdayaan dan pembangunan yang dikembangkan oleh pemerintah untuk memfasilitasi kegiatan penyuluhan pertanian. Kabupaten Malang merupakan salah satu kabupaten yang menjalankan program FEATI yang telah berlangsung sejak tahun 2008. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui tingkat partisipasi dan kinerja perempuan, 2) Menganalisis tahap-tahap yang mempengaruhi tingkat partisipasi dan variabel-variabel yang mempengaruhi kinerja perempuan dan, 3) Menganalisis hubungan antara tingkat partisipasi dengan kinerja perempuan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat partisipasi dan kinerja perempuan termasuk dalam kategori sedang, 2) Tahap pelaksanaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat partisipasi perempuan serta kualitas sumberdaya manusia dan kualitas akses memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perempuan dan, 3) Adanya hubungan yang kuat antara tingkat partisipasi dengan kinerja perempuan.

Kata kunci: program FEATI, perempuan, tingkat partisipasi, kinerja

References

Chalid, Ida Rahmy. 2006. Peranan Perempuan Tani dalam Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Petani Miskin (Studi Kasus Keluarga Petani Sawah Tadah Hujan di Desa Bonto Mate’ne Kecamatan Mandai Kabupaten Maros). TESIS. Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Makasar. Available at http://www.damandiri.or.id/file/ idarahmychalidunhas.pdf (Verived 7 June 2013).

Departemen Pertanian. 2012. Tentang Program FEATI. Available at http://www.deptan.go.id/feati/tampil.php?page=tentang_feati (Verived 23 May 2013).

Gujarati, Damodar N. 2006. Dasar-Dasar Ekonometrika Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Gujarati, Damodar N. dan Porter, Dawan. C. 2010. Dasar-Dasar Ekonometrika (Buku 1: Edisi 5). Salemba Empat. Jakarta.

Syahyuti. 2004. Kelembagaan Penunjang Pengembangan Pertanian di Lahan Lebak. Kumpulan Jurnal: Aspek Kelembagaan dan Aplikasinya dalam Pembangunan Pertanian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor.

Santoso, Singgih. 2000. Buku Latihan SPSS Statistik Parametik. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Sarjono, Haryadi dan Julianti, Winda. 2011. SPSS vs LISREL Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Salemba Empat. Jakarta.

Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta.

Singarimbun dan Effendi. 2006. Metode Penelitian Survei. Pustaka LP3ES Indonesia. Jakarta.

Downloads

How to Cite

Novita, R., Koestiono, D., & Purnomo, M. (2013). TINGKAT PARTISIPASI DAN KINERJA PEREMPUAN PADA PROGRAM FEATI (FARMER EMPOWERMENT THROUGH AGRICULTURAL TECHNOLOGY AND INFORMATION) DI KABUPATEN MALANG. HABITAT, 24(2), pp.133–140. Retrieved from https://habitat.ub.ac.id/index.php/habitat/article/view/119

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>