ANALISIS SUPPLY CHAIN DAN EFISIENSI PEMASARAN GULA SIWALAN (Studi Kasus Di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep)

Authors

  • Sustiyana Sustiyana
  • Syafrial Syafrial
  • Mangku Purnomo


Abstract

Siwalan atau yang sering disebut tal dan bernama latin Borassus flabellifer L. merupakan salah satu produk perkebunan unggulan daerah yang berada di Kabupaten Sumenep yang sangat berpotensi untuk dikembangkan terutama dari hasil niranya yang dijadikan bahan baku pembuatan gula siwalan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisis kondisi rantai pasokan gula siwalan di Kabupaten Sumenep, 2) Menganalisis efisiensi pemasaran pada rantai pasok gula siwalan di Kabupaten Sumenep, dan 3) Menganalisis kinerja rantai pasok gula siwalan di Kabupaten Sumenep dengan pendekatan Supply Chain Operations Reference (SCOR).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi rantai pasok gula siwalan yang menyangkut aliran barang, aliran informasi, dan aliran uang di daerah penelitian termasuk dalam kategori baik.Pada aliran barang, margin terbesar terletak pada saluran pemasaran 1 dengan jumlah Rp 1,700.00 dan sebagian besar gula siwalan yang dihasilkan produsen dijual kepada pihak pengumpul sebanyak 87 persen.Peningkatan kinerja rantai pasok gula siwalan di Kabupaten Sumenep yang dijadikan prioritas pertama adalah adalah proses pengadaan (0.362), atribut biaya (0.290), dan indikator siklus cash to cash (0.299). Saluran pemasaran 1 memiliki nilai indeks efisiensi pemasaran terendah yaitu sebesar 4.5, sedangkan saluran pemasaran 3 mempunyai nilai indeks efisiensi pemasaran tertinggi dengan nilai 95.65.

Kata Kunci: Rantai Pasok, Supply Chain Operations Reference (SCOR), Analytic Hierarchy Process (AHP), Efisiensi Pemasaran.

References

Dinas Pehutanan dan Perkebunan. 2012. Data Luas Lahan, Produksi, dan Produktifitas Siwalan di Kabupaten Sumenep. Sumenep.

Kohls, Richard L., and Joseph N. Uhl. 2002. Marketing of Agricultural Products.: MacMillan Publishing Company. New York.

Marimin dan Maghfiroh.2010. Aplikasi Teknik pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok. IPB Press, Bogor.

Pradesh, Andhra. 2007. Estimating Marketing Efficiency of Horticultural Commodities under Different Supply Chains in India. College of Agriculture Rajendranagar. Hyderabad

Pujawan.I Nyoman. 2005. Supply Chain Management. Penerbit Guna Widya. Surabaya.

Rianse, Usman dan Abdi. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi, Teori dan Aplikasi. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Saaty, T. L. 1991. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin.(Terjemahan). PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Singarimbun, M dan Sofyan, E. 2008. Metode Penelitian Survei. LP3ES. Yogyakarta.

Downloads

Published

2013-10-10

How to Cite

Sustiyana, S., Syafrial, S., & Purnomo, M. (2013). ANALISIS SUPPLY CHAIN DAN EFISIENSI PEMASARAN GULA SIWALAN (Studi Kasus Di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep). HABITAT, 24(2), pp.110–119. Retrieved from https://habitat.ub.ac.id/index.php/habitat/article/view/115

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>