EFISIENSI TEKNIS USAHATANI MINA MENDONG DENGAN PENDEKATAN STOCHASTIC PRODUCTION FRONTIER

Authors

  • Redha Hikmasari
  • Abdul Wahib Muhaimin
  • Budi Setiawan


Abstract

Usahatani mina mendong adalah suatu usaha pertanian yang memadukan budidaya ikan di sawah dengan budidaya tanaman mendong. Usahatani ini sangat menguntungkan karena dapat menghasilkan dua pemanenan yaitu ikan dan mendong. Namun, produktivitas yang dihasilkan petani mina mendong di desa Blayu dan Wajak masih rendah. Hal ini diduga karena petani belum efisien dalam penggunaan faktor produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor produksi yang mempengaruhi hasil produksi usahatani mina mendong, tingkat efisiensi teknis, serta faktor-faktor mempengaruhi efisiensi teknis usahatani mina mendong. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan stochastic production frontier. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor produksi yang berpengaruh nyata terhadap produksi mina mendong adalah luas lahan, bibit ikan, pelet, dan pupuk, sedangkan  faktor produksi tenaga kerja tidak berpengaruh nyata. Usahatani mina mendong di lokasi penelitian efisien secara teknis dengan tingkat efisiensi teknis rata-rata sebesar 0,83 atau 83 persen. Faktor yang berpengaruh secara nyata dan signifikan terhadap efisiensi teknis usahatani mina mendong di lokasi penelitian yaitu umur, pendidikan formal, pengalaman usahatani, dan jumlah anggota keluarga. Untuk faktor luas lahan yang dikuasai dan keanggotaan organisasi pertanian tidak berpengaruh secara nyata dan signifikan terhadap efisiensi teknis usahatani mina mendong.

 

Kata kunci: mina mendong, mendong, ikan, faktor produksi, efisiensi, inefisiensi

References

Battese, G.E dan T.J. Coelli. 1993. A Stochastic Frontier Production Function Incorporating A Model For Technical Inefficiency Effects. Working Paper in Econometrics And Applied Statistics. Department of Econometric. University of New England. NSW: p 22

Coelli,T.J. ,D.S. Prasada Rao, dan G.E. Battese (1998),An Introduction to Efficiency and Productivity Analysis. Kluwer Academic Publishers. Boston/Dordrecht/London

Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Malang. 2009. Program Prioritas Dinas Kelautan dan Perikanan. (Available online at http://kelautan.malangkab.go.id ) (Verified 1 November 2012.)

Kodde, D.A and F.C. Palm. 1986. Wald Criteria for Jointly Testing Equality and Inequality Restriction. Econometrica, Volume 54, Issue 5, 1243-1248.

Pemerintah Kota Tasikmalaya. 2009. Produk Unggulan. (Available online at http://tasikmalayakota.go.id) Verified 22 November 2012.)

Seitte, Y. 2012. Analisis Pengambilan Keputusan Petani Mendong Pada Usahatani Mina Mendong. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya.

Sumaryanto. 2001. Determinan Efisiensi Teknis Usahatani Padi di Lahan Sawah Irigasi. Bogor. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian, Bogor.

Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Sumber Mina Lestari. 2012. Jaringan Pasar Dan Prospek Usaha. (Available online at Kampung-nila.blogspot.com) (Verified 14 Oktober 2012.

Downloads

How to Cite

Hikmasari, R., Muhaimin, A. W., & Setiawan, B. (2013). EFISIENSI TEKNIS USAHATANI MINA MENDONG DENGAN PENDEKATAN STOCHASTIC PRODUCTION FRONTIER. HABITAT, 24(1), pp.1–9. Retrieved from https://habitat.ub.ac.id/index.php/habitat/article/view/96

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>