Dampak Kebijakan Pajak Pertambahan Nilai Terhadap Kinerja Ekonomi Kopi di Indonesia

Authors

  • Favian Arsyi Suhardoyo Pascasarjana Fakultas Pertanian Brawijaya
  • Syafrial Syafrial Department of Social Economics, Faculty of Agriculture, University of Brawijaya, Indonesia, Indonesia, Indonesia
  • Abdul Wahib Muhaimin Department of Social Economics, Faculty of Agriculture, University of Brawijaya, Indonesia, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2016.027.3.13


Keywords:

kopi, pajak pertambahan nilai, kinerja ekonomi kopi, two-stage-least-square

Abstract

Di Indonesia, kopi merupakan salah satu komoditi perkebunan yang memiliki nilai dan volume ekspor yang besar, sehingga pemerintah memberlakukan pajak pertambahan nilai bagi eksportir kopi sebesar 10% dengan tujuan untuk stabilisasi harga kopi pasar domestik. Pemberlakuan regulasi ini berdampak negatif bagi bara pelaku usaha kopi yaitu penambahan biaya input sehingga produksi kopi terus mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi kinerja ekonomi kopi di Indonesia, dampak kebijakan pajak pertambahan nilai terhadap kinerja ekonomi kopi di Indonesia, serta alternatif kebijaka yang sesuai dalam peningkatan kinerja ekonomi kopi di Indonesia. Metode yang digunakan adalah two-stage-least-square (2SLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa permintaan kopi domestik merupakan faktor yang berpengaruh terhadap kinerja ekonomi kopi di Indonesia, dan dampak penerapan kebijakan pajak pertambahan nilai akan mengurangi kinerja ekonomi kopi di Indonesia, serta alternatif kebijakan yang sesuai adalah penghapusan kebijakan pajak pertambahan nilai di Indonesia.

References

Anindita, Ratya dan Michael R. Reed. 2008. Bisnis dan Perdagangan Internasional. Andi. Yogyakarta.

Anindita, Ratya. 2008. Pendekatan Ekonomi Untuk Analisis Harga. Prenada Media Group. Jakarta.

Asosiasi Eksportir Kopi Jawa Timur. 2015. Ekspor Kopi. Available at http://aeki-jatim.co.nr. Diakses pada tanggal 25 November 2015.

Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia. 2013. Ekspor Kopi. Available at http://aeki-aice.org. Diakses pada tanggal 18 November 2015.

Badan Pusat Statistik. 2015. Berita Resmi Statistik 2015. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Eriyanto, Pipit. 2015. Pemberlakuan PPN Ekspor Kopi. Available at http://disperindag.jatimprov.go.id. Diakses pada tanggal 7 Desember 2015.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Undip. Semarang.

Gujarati, Damodar. 1999. Econometrics: Second Edition. McGraw Hill Book Co. Singapore.

Hakim, Abdul dan Yuli Hariyati. 2008. Dampak Liberalisasi Perdagangan Dunia terhadap Permintaan dan Penawaran Kopi Indonesia. Universitas Jember. Jember.

International Coffe Organization. 2014. World Coffe Consumption. International Coffee Organization. London.

Kementrian Perindustrian Dalam Negeri. 2015. Peningkatan Ekspor Kopi. Available at http://kemenperin.go.ig. Diakses pada tanggal 1 Desember 2015.

Pindyck, R.S. and D.L Rubinfeld. 1998. Econometric Models and Economic Forecast, Fourth Edition. McGraw-Hill International Edition. Singapore.

Zuhdi, Fadhlan. 2014. Faktor – faktor yang Berpengaruh terhadap Pangsa Ekspor Kopi Indonesia di Pasar Internasional. Universitas Brawijaya. Malang.

Downloads

Published

2016-12-01

How to Cite

Suhardoyo, F. A., Syafrial, S., & Muhaimin, A. W. (2016). Dampak Kebijakan Pajak Pertambahan Nilai Terhadap Kinerja Ekonomi Kopi di Indonesia. HABITAT, 27(3), pp.109–121. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2016.027.3.13

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>