Tingkat Ketersediaan Faktor-Faktor Produksi di Tingkat Petani dan Pengaruhnya Terhadap Produksi dan Pendapatan Pada Usahatani Jagung (Zea mays L.) (Kasus di Desa Ngrancang, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro)

Indriyati Indriyati, Moch. Muslich Mustadjab
  Habitat,,  pp.94-102  

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis masalah untuk memperoleh masukan dalam upaya peningkatan pendapatan. Jagung merupakan salah satu komoditas pangan yang penting dan terkait dengan industri besar. Penelitian ini dilakukan secara purposive dengan metode pengambilan contoh yaitu Stratified Random Sampling, sehingga didapatkan responden 38 sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis ketersediaan faktor produksi, analisis usahatani, dan analisis fungsi respon produksi dan pendapatan, dan analisis efisiensi alokatif. Hasil analisis menunjukan ketersediaan faktor produksi sudah cukup tersedia dan penggunaan faktor produksi usahatani jagung masih belum efisien. Sehingga produksi yang dihasilkan masih rendah, begitupula dengan tingkat pendapatan petani.

Keywords


jagung; ketersediaan; faktor produksi; produksi; pendapatan

Full Text:

PDF

References


Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. 2012. Gudang SRG Solusi Impor Jagung. Available at http://www.bappebti.go.id/id/edu/articles/detail/2989.html. Diakses Pada Tanggal 03 Februari 2015.

Badan Pusat Statistika Bojonegoro. 2014. Kabupaten Bojonegoro Dalam Angka 2014. Available at http://bojonegorokab.bps.go.id/?hal=publikasi_detil&id=63. Diakses Pada Tanggal 04 Februari 2015.

Cholis, Anggita Silvia. 2014. Efisiensi Penggunaan Faktor-faktor Produksi Pada Usahatani Jagung (Studi Kasus di Desa Bondosewu, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.

Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro. 2015. Data Luas Lahan, Produktivitas dan Produksi Jagung 2009-2014. Kabupaten Bojonegoro.

Kementrian Pertanian. 2011. Teknologi Budidaya Jagung. Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT). Jakarta.

Menegristek. 2000. Jagung. Proyek Pemd. Bappenas. Jakarta.

Mubyarto, 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian Edisi Ketiga. LP3ES. Jakarta.

Parel, C.P., Caldito, G. C., Ferrer, P.L., De Guzman, G.G., Sinsloco, C.S., Tan, R.H. 1973. Sampling Design and Prosedures The Agric. Development Council Inc. New York.

Sari, Nian Tanjung. 2011. Analisis Efisiensi Ekonomi Penggunaan Faktor-faktor Produksi Pada Usahatani Jagung Varietas Bisi-2 di Kecamatan Jatiroto Kabupaten Wonogiri. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Soekartawi. 1990. Teori Ekonomi Produksi (Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas). Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Warsana. 2007. Analisis Efisiensi dan Keuntungan Usahatani Jagung (Studi di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora). Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
HABITAT Indexed by :