ANALISIS INTEGRASI PASAR APEL (Kasus di Desa Sumbergondo, Kota Batu, Jawa Timur)

Authors

  • Anggra Dhinatul Zunaidah Postgraduate, Faculty of Agriculture, Brawijaya University
  • Budi Setiawan Faculty of Agriculture, Brawijaya University
  • Ratya Anindita Postgraduate, Faculty of Agriculture, Brawijaya University

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2015.026.3.21


Keywords:

apel, integrasi pasar, kointegrasi johansen, VECM

Abstract

Integrasi pasar merupakan suatu ukuran yang menunjukkan tingkat pergerakan harga yang terjadi di pasar acuan akan menyebabkan perubahan di pasar pengikutnya. Perubahan harga apel ditingkat petani dan pedagang pengecer tidak berjalan seimbang, hal tersebut menunjukkan bahwa transmisi harga antara lembaga pemasaran masih rendah. Informasi harga yang kurang memadai dan tidak merata antara petani dan pengecer akan menyebabkan adanya asimetri informasi sehingga terjadi kegagalan pasar, selain itu juga menandakan bahwa pasar tidak terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi pasar apel di tingkat petani dengan pedagang pengecer dan di tingkat pedagang pengecer di Kota Batu dengan pedagang pengecer di Kota Malang, Kediri, Surabaya dan Jember. Metode analisis yang digunakan yaitu kointegrasi Johansen dan Vector Error Corection Model (VECM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar apel antara petani dan pedagang pengecer Kota Batu, Malang dan Surabaya sudah terintegrasi dalam jangka panjang maupun pendek. Selain itu antara pedagang pengecer Kota Batu dan pedagang pengecer Malang dan Surabaya sudah terintegrasi dalam jangka panjang maupun pendek

References

. Ajija, Shochrul R et al. 2011. Cara Cerdas Menguasai Eviews. Salemba Empat: Jakarta.

. Anindita, Ratya. 2004. Pemasaran Hasil Pertanian. Papyrus: Surabaya.

. Anindita, Ratya dan Sawitania C.D.U.S. 2013. Analisis Integrasi Pasar Vertikal Cabai Merah Besar (Capsicum annuum L.) Di Jawa Timur. AGRISE Volume XIV No. 2, Mei 2013.

. Barrett, C. 2005. Measuring Integration And Efficiency In International Agricultural Market. Review of Aricultural Economics. 23 (1): 19-32.

. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu. 2015. Harga Buah Apel Rome Beauty dan Manalagi di Tingkat Pedagang Pengecer.

. Dinas Pertanian Kota Batu. 2015. Luas Lahan Usahatani Apel, Produksi Apel, dan Harga Buah Apel di Tingkat Petani.

. Edi, Sirojuzilam, dan Rahmanta. 2014. Analisis Integrasi dan Volatilitas Harga Beras Reginal ASEAN Terhadap Pasar Beras Indonesia. Jurnal Ekonom Vol 17, No 2, April 2014.

. Fackler, Paul L. And Goodwin, Barry K. 2001. Spatial Price Analysis. Department of Agricultural & Resource Economics. North Carolina State University. Raleigh. NC.

. Fadhla, T, B.A. Nugroho dan M.M. Mustajab. 2008. Integrasi Pasar Komoditi Pangan (Beras, Kacang Tanah Kupas Dan Kedelai Kuning) Di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Agritek Vol 16 No. 9. 2008.

. Ghosh, M. 2000. Cointegration Test and Spatial Integration of Rice Market in India. Indian Journal of Agriculture Economics. Vol 55. No 4, October – December, pp 616-625.

. Hafizah, Dian. 2009. Integrasi Pasar Fisik Crude Palm Oil di Indonesia, Malaysia dan Pasar Berjangka di Rotterdam. Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor.

. Heytens, J Paul. 1986. Testing Market Integration. Food Research Institute Studies, Vol. XX, No.1.

. Jaleta, Moti dan Gebermedhin, Berhanu. 2009. Price Cointegration Analyses of Food Crop Markets: The case of Wheat and Teff Commodities in Northern Ethiopia. International Livestock Research Institute, P.O.Box 5689, Addis Ababa, Ethiopia.

. Kasimin, Suyanti. 2009. Pemasaran Kentang di Aceh Tengah dan Bener Meriah : Analisis Intergrasi Pasar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 8, No 2, Agustus 2009 : 121–127.Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala.

. Pertiwi, Vi’in Ayu. 2013. Analisis Volitalitas, Transmisi Harga dan Volatilitas Spillover Bawang Merah (Allium ascolnium L) Di Jawa Timur. Tesis. Program Studi Ilmu Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

. Simatupang, P dan J. Situmorang. 1988. Integrasi Pasar dan Keterkaitan Harga Karet Indonesia dengan Singapura. Jurnal Agroekonomi Vol, 7, No 2 Hal 12-29. Pusat Studi Ekonomi Bogor. Bogor.

. Sukirno, Sadono. 2005. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi Ketiga. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

. Widarjono, Agus. 2013. Ekonometrika: Pengantar dan Aplikasinya, Disertai Panduan Eviews. Edisi Empat.UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Downloads

Published

2016-05-26

How to Cite

Zunaidah, A. D., Setiawan, B., & Anindita, R. (2016). ANALISIS INTEGRASI PASAR APEL (Kasus di Desa Sumbergondo, Kota Batu, Jawa Timur). HABITAT, 26(3), pp.183–194. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2015.026.3.21

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>