ANALISIS EFISIENSI ALOKATIF PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI JAGUNG (Zea mays L.) (Studi Kasus di Desa Dengkol, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang)

Anugerah Wibishanna, Mochammad Muslich Mustadjab
  Habitat,,  pp.136-143  

Abstract


Jagung merupakan komoditas pangan strategis di Indonesia sehingga usahatani jagung seharusnya memberikan pendapatan yang tinggi bagi petani. Pendapatan usahatani dapat ditingkatkan jika penggunaan faktor – faktor produksi efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana tingkat efisiensi alokatif penggunaan faktor – faktor produksi pada usahatani jagung berpengaruh terhadap tingkat pendapatan petani. Dengan menggunakan analisis fungsi produksi dan analisis regresi berganda diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan faktor – faktor produksi dalam usahatani jagung semuanya tidak efisien, sehingga juga belum dapat disimpulkan seberapa jauh pengaruh tingkat efisiensi terhadap pendapatan usahatani. Oleh sebab itu, diperlukan penelitian lebih lanjut berkaitan dengan pengaruh tingkat efisiensi terhadap pendapatan usahatani dengan sampel yang lebih besar.


Keywords


Jagung; pendapatan; efisiensi

Full Text:

PDF

References


. Anggita (2014). Efisiensi Penggunaan Faktor-faktor Produksi pada Usahatani Jagung Studi Kasus di Desa Bendosewu, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar.

. Arifah, Eka. N. 2011. Analisis Efisiensi Ekonomi Penggunaan Faktor – Faktor Produksi Pada Usahatani Jagung Varietas Bisi-2 di Kabupaten Bantul. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

. Badan Pusat Statistik. 2014. Kabupaten Malang dalam Angka 2014.

. _________________. 2015a. Keadaan Ketenagakerjaan Februari 2014.

. _________________. 2015b. Luas Panen, Produktivitas dan Produksi Tanaman Pangan Menurut Provinsi (Dinamis).

. Faricha (2014). Analisis Keunggulan Komparatif Usahatani Jagung (Zea mays) di Kabupaten Jombang.

. Indroyono (2011). Analisis Efisiensi Alokatif Penggunaan Faktor- faktor Produksi Jagung di Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.

. Kementerian Perdagangan. 2012. Potensi Jagung, Upaya Meningkatkan Produksi dan Pemasaran Luar Negeri. Ditjen PEN/MJL/003/5/2012 Edisi Mei.

. Munawaroh, Nikmatul Fitri, Endang S.R, Susi W.A. 2014. Analisis daya saing jagung di kabupaten grobogan Jawa tengah.

. Parel, CP. et.al. 1978. Sampling Design and Procedures. A/D/C Asia Office. Tanglin.

. Semaoen, Iksan 1992. Ekonomi Produksi Pertanian: Teori dan Aplikasinya.

. Setiawan, Ryan.A.P. 2012. Analisis Efisiensi Alokatif Input Produksi Usahatani Jagung (Zea mays L.) Di Desa Kramat, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan. Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.

. Soekartawi. 2002. Analisis Usaha tani. Universitas Indonesia. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
HABITAT Indexed by :