PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU JAMUR TIRAM DI INDUSTRI RUMAH TANGGA AILANI KOTA MALANG JAWA TIMUR

Johan Dermawan, Abdul Wahib Muhaimin
  Habitat,,  pp.22-30  

Abstract


Persediaan menjadi bagian terpenting pada setiap perusahaan tidak terkecuali pada Home Industry Ailani. Penentuan tingkat persediaan yang optimal menjadi fokus penelitian ini. Untuk itu diperlukan peramalan kebutuhan jamur tiram yang tepat dengan menggunakan metode Autoregresive Moving Avarage (ARMA). Hasil dari peramalan akan digunakan untuk menentukan besarnya persediaan jamur tiram pada periode mendatang. Penentuan persediaan yang optimal didasarkan pada metode Economic Order Quantity (EOQ). Hasil dari peramalan menunjukkan bahwa kebutuhan jamur tiram untuk periode satu tahun ke depan mengalami peningkatan menjadi 6.776,93 kg. Tingkat persediaan optimal jamur tiram sebesar 65,48 kg dan maksimal sebesar 77,91 kg, dengan frekuensi pemesanan dua kali per minggu. Metode EOQ juga memberikan penghematan pada biaya persediaan sebesar Rp 26.464,72 per minggu untuk periode satu tahun mendatang. Oleh karena itu dapat disarankan kepada Home Industry Ailani agar menggunakan metode EOQ untuk menekan biaya persediaan sehingga didapatkan keuntungan yang maksimal.

Keywords


Perencanaan persediaan; pengendalian persediaan; autoregresive moving avarage; economic order quantity

Full Text:

PDF

References


. Ajija, S., R., Sari, D., W., Setianto, R., H. dan Primanti, M., R. 2011. Cara Cerdas Menguasi EViews. Jakarta: Salemba Empat.

. Brooks, C. 2008. Introduction Econometrics for Finance. Second Edition. Cambridge: University Press, UK.

. Dian, F. A. 2009. Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Semen Menggunakan Metode EOQ (Economic Order Quantiy). Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

. Kasmir, J. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Prenada Media.

. Kriyantono, R. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi: disertai contoh riset media, public relations, komunikasi pemasaran dan organisasi. Cetakan Ke-2. Jakarta: Kencana Prenada Media.

. Moloeng, L., J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi ke-19.Bandung: Remaja Rosdakarya.

. Rangkuti, F. 2007. Manajemen Persediaan: Aplikasi di Bidang bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafinda Persada.

. Soekartawi. 2000. Pengantar Agroindus-tri. Jakarta: Rajagrafindo Pustaka.

. Soetriono, S. 2005. Daya Saing Pertanian Tinjuan Analisis. Malang: Bayu Media.

. Yamit, Z. 2005. Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: Ekonisia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
HABITAT Indexed by :