PROGRAM AKSI DESA MANDIRI PANGAN: (Proses Pelaksanaan dan Dampaknya terhadap kondisi Sosial Ekonomi Rumahtangga Miskin di Desa Tamanasri, Kabupaten Pacitan)

Authors

  • Kliwon Hidayat
  • Jefri Putri Nugraha


Abstract

Penelitian bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan Program Aksi Desa Mandiri Pangan dan (2) menganalisis dampak dari pelaksanaan program tersebut terhadap kondisi pangan rumah tangga miskin. Penelitian dilakukan di Desa Tamanasri, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Metode survai longitudinal digunakan dalam penelitian ini. Data kondisi rumahtangga pada awal program diperoleh dari data DDRT dan Survai Rumah Tangga. Sementara itu data kondisi rumahtangga  akhir program dikumpulkan  dari rumahtangga yang sama dengan survai rumahtangga pada awal program.  Program Aksi Desa Mandiri Pangan  sudah dilaksanakan selama empat tahun  mulai tahun 2006  sampai dengan tahun 2010. Program ini dilaksanakan melalui kegiatan pemberdayaan kelompok afinitas  dan pengelolaan  dana bantuan sosial oleh lembaga keuangan desa, pelatihan, pendampingan, dan peningkatan aksesbilitas kelompok afinitas. Kegiatan pemberdayaan tersebut membawa dampak positif terhadap peningkatan kondisi  social ekonomi rumah tangga anggota kelompok afinitas. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan mereka memenuhi kebutuhan keuangan,  perubahan orientasi usahatani, peningkatan pendapatan dan ketahanan pangan serta perubahan  struktur pengeluaran.rumah tangga.

 

Kata kunci : Program aksi desa mandiri pangan

References

Anonymous, 2005. Pedoman Umum Program Aksi Desa Mandiri Pangan. Badan Ketahanan Pangan, Departemen Pertanian, Jakarta.

Brymann, A., 2004. Social Research Methods. Oxford University Press

Hidayat, K, 2008. Manajemen Pelatihan. Jurusan Sosial Ekonomi-FP. UB. Malang

Nasution, A.H. dan Barizi. 1979. Metode Statistika Untuk Penerapan Penarikan Kesimpulan. PT. Gramedia. Jakarta

Moelyono, A. 2008. Studi Partisipasi Masyarakat pada Program Desa Mandiri Pangan di Desa Muntuk Kab. Bantul. Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang

Setyani, 2010. Analisis Ekonomi Rumah Tangga dalam Pelaksanaan Diversifikasi Konsumsi Pangan di Jawa Timur. Tesis. Universitas Brawijaya. Malang.

Siswan, B. 2010. Pendampingan sebagai Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Dalam http://wordpress.com. Diakses 31 Desember 2010.

Downloads

Published

2013-10-24

How to Cite

Hidayat, K., & Nugraha, J. P. (2013). PROGRAM AKSI DESA MANDIRI PANGAN: (Proses Pelaksanaan dan Dampaknya terhadap kondisi Sosial Ekonomi Rumahtangga Miskin di Desa Tamanasri, Kabupaten Pacitan). HABITAT, 22(2), pp.84–97. Retrieved from https://habitat.ub.ac.id/index.php/habitat/article/view/120

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>